Ketika Anak-anak Berusia 5-10 Tahun Tak Bisa Lepas dari Ponsel

Kompas.com - 08/02/2020, 20:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Dari sebuah temuan baru, hampir setengah dari anak-anak berusia 5 - 10 tahun telah memiliki ponsel.

Temuan dari Childwise, lembaga penelitian yang mengkhususkan pada anak-anak mengungkap, 47 persen anak-anak dalam kelompok usia itu memiliki ponsel, meningkat 38 persen dari tahun lalu.

Laporan tersebut juga menyatakan, sebagian besar anak-anak menjadi pemilik ponsel saat mereka mencapai usia tujuh tahun.

Baca juga: Sinar Biru Berbahaya, Orangtua Harus Batasi Penggunaan Ponsel pada Anak

Mereka juga bergantung pada ponsel, dan lebih dari setengah anak-anak yang disurvei mengaku "selalu tidur dengan ponsel di sebelah mereka."

Sementara itu, jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak untuk online terus meningkat, dengan menghabiskan waktu sekitar tiga jam berselancar di internet - yang mana ini meningkat dari tahun lalu.

Rata-rata penggunaan internet setiap hari pada anak berusia tujuh hingga sepuluh tahun juga melonjak, naik hampir satu jam per hari dari tahun lalu.

Childwise menemukan, situs atau platform yang sering dikunjungi anak-anak adalah YouTube --aplikasi favorit-- diikuti oleh Snapchat, Instagram, TikTok, dan Fortnite.

Childwise membuat laporannya berdasarkan survei tahunan terhadap sekitar 2.000 anak berusia lima hingga 16 tahun di Inggris.

Simon Leggett, direktur penelitian di Childwise, mengatakan saat ini ponsel mendominasi kehidupan anak-anak.

Baca juga: Sadarilah, 3 Risiko Kesehatan karena Bawa Ponsel Saat Tidur

"Barangkali sulit untuk mengawasi penggunaan teknologi anak kita, mengingat ponsel adalah teknologi yang sangat privat dan pribadi," kata Leggett.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X