Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2019, 14:15 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Terlepas dari apa yang "gamer sejati" akan katakan kepada Anda tentang kecanduan mereka pada game, transisi industri game dari desktop ke komputer kecil yang bisa masuk ke dalam saku Anda memang tak dapat terhindarkan.

Game di ponsel tentu lebih murah ketimbang membeli konsol, cepat, mudah, dapat dinikmati oleh gamer yang serius dan santai.

Di sisi lain, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University College London dan The University of Bath, main game di ponsel adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja keras.

Bahkan, menurut penelitian, hal itu jauh lebih efektif untuk relaksasi daripada kegiatan meditasi atau pernapasan.

Baca juga: 5 Tips Hindari Stres di Tempat Kerja

Memertimbangkan seberapa besar pasar industri game mobile, baik untuk melihat bagaimana hal tersebut dapat secara positif memenuhi budaya modern yang memandang relaksasi sebagai komoditas yang berharga.

Sayangnya, generasi yang sedang tumbuh saat ini, adalah generasi yang tidak dapat dengan mudah lepas dari bencana-bencana yang mengubah dunia di masa lalu, yang secara efektif menghasilkan budaya kecemasan dan kegelisahan.

Untuk membantu mengatasi hal itu, semakin banyak pengembang yang menciptakan aplikasi mindfulness, yang ditujukan untuk membantu para pengguna agar lebih tenang, mengontrol pernapasan, dan membantu berlatih meditasi.

Namun, game seluler sederhana yang dapat menghabiskan waktu terbukti menjadi solusi yang lebih efektif.

Baca juga: Ingin Stres Cepat Reda? Cukup Cuci Muka dengan Air Dingin

Sebuah penelitian melakukan dua eksperimen untuk mengambil data. Yang pertama meminta 45 siswa untuk bersantai melalui media yang berbeda setelah tes matematika.

Sedangkan yang kedua, meminta 20 peserta untuk menggunakan permainan ponsel pintar atau aplikasi mindfulness setelah bekerja.

Kedua percobaan menunjukkan, mereka yang memilih game di ponsel pintar terlihat lebih santai dan lebih terkendali.

"Untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang, kita harus dapat bersantai dan memulihkan diri setelah bekerja. Studi kami menunjukkan, bermain game digital bisa menjadi cara yang efektif untuk bersantai," kata penulis utama, Dr Emily Collins.

Kemudian, penulis penelitian mencatat bahwa pemulihan dan relaksasi pasca-kerja jauh lebih efektif ketika orang yang bermain ponsel pintar benar-benar menikmati permainannya dan tidak hanya melakukannya untuk membantu menghabiskan waktu.

Baca juga: Kerja Freelance Juga Bisa Bikin Stres, Ini 5 Cara Mencegahnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com