Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2020, 17:16 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Pria ternyata sebenarnya bisa membaui seorang wanita yang sedang "turn on" alias bergairah dari aroma keringatnya. Dan, umumnya, kaum pria menyukai aroma itu.

Demikian kesimpulan dari sebuah penelitian yang dilakukan Arnaud Wisman, PhD, psikolog di University of Kent, Inggris. 

Dalam penelitian itu, para pria diminta menilai aroma wanita dalam berbagai kondisi. Dari sana, mereka harus menentukan aroma mana yang paling seksi.

Baca juga: Gairah Seks Tak Semata-mata soal Wajah dan Tubuh Indah...

Dalam dua percobaan yang hampir sama, para peneliti pertama kali meminta 17 siswa wanita untuk bersepeda selama tiga menit agar berkeringat.

Kemudian, responden wanita menonton 20 menit film erotis berjudul "9 Songs", dan para peneliti menyeka keringat mereka untuk pengujian.

Lalu, kelompok responden juga melewati proses yang sama beberapa hari kemudian, tetapi mereka ada yang "hanya" menonton film dokumenter tentang pembangunan jembatan.

Nah, dengan percobaan yang sama, tujuh wanita diminta menonton adegan tarian dari Magic Mike yang dibintangi Channing Tatum.

Baca juga: 3 Penyebab Utama Hilangnya Gairah Seks Wanita

Selain itu, mereka juga diarahkan membaca kutipan dari Fifty Shades of Grey, dan melihat 20 foto eksplisit secara seksual.

Sebagai perbandingan, wanita-wanita ini kemudian menonton pembangunan jembatan, dan menonton video tarian pria dan wanita tidak seksi.

Lalu mereka pun diminta membaca cerita tentang merajut dan melihat 20 gambar burung tropis.

Wisman lalu menguji aroma tersebut kepada 91 pria untuk menanyakan aroma yang mereka sukai.

Hasil studi ini, yang diterbitkan Archives of Sexual Behavior, menemukan, pria memang lebih tertarik kepada wanita yang terangsang, dalam tiga percobaan itu.

"Penelitian menunjukkan, sinyal yang dirilis bersama ekspresi visual dan auditori sesuai minat seksual dapat menghasilkan sinyal keseluruhan lebih kuat yang meningkatkan motivasi seksual."

Demikian diterangkan Wisman dalam makalahnya berjudul "Sexual Chemosignals: Evidence That Men Process Olfactory Signals of Women's Sexual Arousal."

Baca juga: Kehidupan Modern Membunuh Gairah Seks Perempuan

"Kami harap, temuan saat ini mendorong penelitian lebih lanjut untuk memeriksa peran sinyal penciuman seksual dalam komunikasi manusia."

Penciuman berarti segala hal yang berhubungan dengan bau.

Penelitian terbaru Wisman dilakukan guna memperluas studi sebelumnya yang menunjukkan bagaimana manusia dapat berkomunikasi dan mendeteksi emosi, seperti ketakutan dan kesedihan, lewat aroma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com