Kompas.com - 05/03/2020, 07:16 WIB
Ilustrasi pengukuran kolesterol designer491Ilustrasi pengukuran kolesterol
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebenarnya, tidak ada kondisi khas yang menjadi gejala kolesterol tinggi. Namun, kita bisa mewaspadai sejumlah kondisi seperti nyeri dada, pertumbuhan lunak atau warna kekuningan pada kulit (xanthomas), serta impotensi pada pria.

Kolesterol tinggi merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar lemak dalam darah begitu tinggi.

Gejala kolesterol tinggi menyebabkan nyeri di sejumlah bagian tubuh hingga penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung.

Untuk menghindari gejala kolesterol tinggi, kita dapat mengenali seluk beluk ketika gangguan kesehatan ini terjadi.

Baca juga: Sering Dianggap Menakutkan, Apa Itu Kolesterol?

Gejala kolesterol tinggi ternyata dapat terjadi akibat kebiasaan sehari-hari maupun kondisi medis tertentu, yang mungkin tidak disadari.

Berikut ini kebiasaan maupun kondisi kesehatan yang bisa menjadi pemicu gejala kolesterol tinggi.

1. Pola makan tidak sehat

Gejala kolesterol tinggi dapat dipicu oleh pola makan yang tidak sehat. Makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi seperti daging sapi, daging kambing, mentega, krim, keju, minyak kelapa serta makanan dengan lemak trans yang dapat ditemukan pada kue kering, biskuit, dan popcorn, dapat meningkatkan kadar kolesterol.

2. Jarang beraktivitas

Gejala kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena kita jarang bergerak dan beraktivitas. Kondisi kebanyakan duduk maupun tidur dan jarang berolahraga, menyebabkan penumpukan kadar kolesterol jahat yang berbahaya tubuh.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X