Diet Keto tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Mungkin Ini Alasannya

Kompas.com - 09/03/2020, 12:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Diet keto hingga saat ini masih menjadi salah satu pola diet paling populer yang juga diikuti oleh banyak selebriti dan tokoh-tokoh lainnya.

Diet yang mempromosikan pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat itu banyak diklaim sebagai salah satu pola diet paling sukses bagi banyak orang, meskipun masih ada pro dan kontra terkait diet ini.

Tak sedikit orang yang sudah menjalankan diet ini tetapi hasilnya tak sesuai harapan. Jika kamu mengalaminya dan merasa diet keto tidak bisa memberimu hasil penurunan berat badan, alasan berikut mungkin bisa menjadi penyebabnya.

1. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit

Menjalani diet keto berarti kamu harus mulai mengukur makanan dalam jumlah makro dan sebagian orang mungkin kesulitan untuk membiasakan diri.

Jika tidak berpatokan pada ukuran porsi yang ditentukan, kamu akan cenderung membuat kesalahan dengan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit dari jumlah yang dibutuhkan.

Mungkin juga kamu mengonsumsi lebih banyak karbohidrat daripada yang diperlukan, atau lebih banyak lemak. Atau bisa juga kamu mengonsumsi terlalu banyak protein karena ingin mendorong ketosis (proses pembakaran lemak untuk mendapatkan energi alih-alih karbohidrat).

Setiap kesalahan ini dapat memperlambat metabolisme tubuh dan membuat tubuh lebih sulit untuk melepaskan lemak yang tersimpan. Inilah yang menggagalkan setiap kemajuan yang mungkin kamu capai.

Baca juga: Diet Keto Dianggap sebagai Diet Terburuk

2. Stres

Stres akan mengurangi produktivitas dan memperlambat kita, yang mana juga akan berdampak pada kebiasaan pola makan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X