Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2020, 20:10 WIB
Farhanah,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seseorang yang tertular virus corona Covid-19 tidak selalu menunjukkan gejala spesifik seperti flu, batuk, demam, dan sesak napas. Seseorang yang terlihat sehat dan bugar pun bisa terindikasi tertular virus ini.

Demi menghilangkan keraguan, pengecekan awal penting Anda lakukan agar virus itu tidak menulari orang-orang tersayang di sekitar Anda.

Namun, memeriksakan diri ke rumah sakit juga beresiko Anda menulari orang lain atau bahkan Anda tertular Covid-19 dari pasien yang positif.

Apalagi, beban tugas tenaga medis di berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 sudah sangat berat karena jumlah korban virus ini terus bertambah.

Baca juga: Ringankan Tugas Tenaga Medis, Grab dan Good Doctor Luncurkan Layanan Screening Online Covid-19

Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Grab Indonesia dan Good Doctor meluncurkan layanan pemeriksaan atau screening online Covid-19 yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Layanan ini bisa Anda gunakan lewat aplikasi Grab di smartphone Anda. Disini, Anda bisa melakukan tanya jawab seputar Covid-19 dengan dokter dari GrabHealth powered by Good Doctor.

Ada dua Cara yang dapat Anda pilih untuk mengakses screening online tersebut.

Pertama, buka aplikasi Grab dan pilih menu “Kesehatan”. Lalu klik “Konsultasi Kesehatan”. Selanjutnya, klik lagi “Chat Gratis dengan Dokter Kami” dan Anda pun sudah bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.

Cara pertama melakukan screening online pada aplikasi Grab.Grab Indonesia Cara pertama melakukan screening online pada aplikasi Grab.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Berikut Cara Grab Minimalisasi Risiko Penularan Covid-19

Kedua, melalui “FEED” pada h alaman utama aplikasi Grab. Kemudian klik tampilan “Cek Risiko Tertular Corona”. Setelah itu, klik “Tanya Sekarang” dan klik lagi “Konsultasi Kesehatan”.

Terakhir, klik “Chat Gratis dengan Dokter Kami” dan Anda pun sudah terhubung langsung dengan dokter.

Cara kedua melakukan screening online pada aplikasi Grab.Grab Indonesia Cara kedua melakukan screening online pada aplikasi Grab.

Jangan lupa ya! Pahami resiko terinfeksi Covid-19 dengan isi cek list mengenai gejala yang dirasakan.

Penting Anda perhatikan kalau gejala seperti demam, gejala influenza, dan sesak napas tidak selalu menandakan Anda tertular virus Covid-19. Biasanya gejala tersebut disertai dengan rekam perjalanan dari negara terjangkit Covid-19.

Baca juga: KitaVSCorona, Begini Social Distancing Versi Layanan Grab Indonesia

Selain itu, kemungkinan penularan bisa terjadi karena punya riwayat perjalanan atau tinggal di area transmisi lokal virus corona, yakni DKI Jakarta, Kabupaten dan Kota Tangerang, Bekasi, Depok, Solo, Surabaya, atau Malang.

Anda pun harus mengingat kembali riwayat interaksi atau kontak dengan seseorang yang telah dikonfirmasi Covid-19.

Nah, platform GrabHealth powered by Good Doctor ini akan menjawab keraguan Anda dengan gejala yang Anda rasakan. Dengan demikian, Anda pun tidak akan termakan berita hoax yang beredar mengenai penularan Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com