Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2020, 10:25 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, banyak orang dibuat penasaran soal pengumuman berwarna kuning di berbagai tempat yang berbunyi "Iklan Ini Tidak Lulus Sensor" dengan gambar kelinci putih di sampingnya.

Nah ternyata iklan itu merupakan pembuka jalan untuk kolaborasi antara sepatu Compass dengan label streetwear ternama asal Jepang yakni Fxxkingrabbits atau FR2.

Pada Agustus lalu, Compass sudah merilis produk sepatu hasil kolaborasi itu dan dijual secara eksklusif di tiga cabang toko FR2 di Jepang, dan ludes dalam sekejap.

Hari ini, Sabtu 28 November 2020, sepatu yang diberi nama #FXXKINGCOMPASS itu dirilis kembali di Jepang dan Indonesia disertai kerjasama yang lebih luas lewat produk lain.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Compass® (@sepatucompass)

Hal ini diumumkan Compass melalui akun Instagram resminya. Berdasarkan keterangan foto, sepatu akan tersedia dan bisa langsung dibeli di Tokopedia pada Sabtu, 28 November 2020 pukul 12.00 WIB.

Keterangan foto juga menceritakan inspirasi di balik proyek kolaborasi kedua merek. Inspirasi datang dari budaya 'red thread of fate' atau takdir benang merah' yang begitu populer di Jepang.

Budaya yang diadaptasi dari Tiongkok itu biasanya dilakukan oleh sepasang kekasih sebelum menikah. Masing-masing akan mengikatkan jarinya dengan benang merah.

Di Indonesia, budaya ini juga masih dilakukan oleh keluarga keturunan Tionghoa dan dikenal dengan istilah Sangjit.

Compass dan FR2 mencoba mengeksekusi budaya ini ke dalam sepatu kolaborasi mereka. Dapat diperhatikan di masing-masing lidah sepatu terdapat bordiran kelinci.

Kedua bordiran kelinci terhubung satu sama lain dengan benang warna merah. Untuk bisa dipakai, benang merah itu harus lebih dulu dipotong layaknya selebrasi peresmian gedung atau usaha baru.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Compass® (@sepatucompass)

Terkait desain, sepatu yang akan dirilis di Tanah Air sedikit berbeda desainnya dengan sepatu yang lebih dulu diluncurkan di Negeri Sakura.

Sepatu kanvas ini masih menggunakan sole transparan dengan foto kelinci karya Ryo Ishikawa di dalamnya. Di bagian samping sole juga ada tulisan Compass sebagai identitas merek.

Perbedaannya hanya ada pada warna sepatu. Sepatu yang dirilis di Indonesia berwarna hitam dengan midsole putih. Sedangkan sepatu yang dirilis di Jepang memiliki warna dasar putih dengan midsole hitam.

Selain itu, di bagian samping sepatu terdapat logo Compass berwarna hitam dan putih. Lalu ada di tab bagian belakang terdapat tulisan #FR2.

Sepatu kolaborasi ini hadir sebanyak 1000 pasang dengan dua pilihan yaitu low-cut dan high-cut dengan harga ritel Low Rp 1.080.000 dan Hi Rp 1.180.000 untuk seri Indonesia. Sedangkan untuk serii Jepang, harganya Rp 1.624.483,20 + tax untuk yang low, dan Rp 1.759.856,80 + tax untuk yang Hi.

Kolaborasi Compass dan #FR2 bukan hanya sepatu. Tapi juga topi, kaus, tote bag, hingga kaus kaki. Bahkan sejumlah brand F&B turut serta diajak dalam kolaborasi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com