Kompas.com - 10/12/2020, 13:43 WIB
Ilustrasi pasangan kencan shutterstockIlustrasi pasangan kencan

KOMPAS.com - Penurunan hasrat seksual bisa terjadi kapan saja. Mood untuk melakukan hubungan seksual bisa saja terganggu karena banyak hal.

Menurut Sheryl Kingsberg, PhD, kepala pengobatan perilaku di University Hospitals Cleveland Medical Center, dorongan seks itu seperti nafsu makan, yang bisa naik turun kapan saja.

Mengapa dorongan seks menurun?

Penurunan nafsu seksual sering kali disebabkan oleh kombinasi faktor biologis, psikologis, dan sosial. Berikut beberapa alasan mengapa seseorang tak lagi berminat dengan hubungan seks:

1. Sedang stres

Jika masalah pekerjaan, masalah keluarga, atau pertengkaran dengan teman membebani pikiranmu, kemungkinan besar dorongan seks juga akan menurun.

“Jika ada terlalu banyak pikiran yang membuat cemas atau gelisah, itu akan memengaruhi kemampuan untuk memproses dan menanggapi isyarat seksual,” jelas Kingsberg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Sakit saat berhubungan seks

Ketidaknyamanan saat berhubungan seks membuat seseorang tak lagi memikirkan kenikmatan yang mungkin didapat.

“Tetapi banyak wanita yang mengalami rasa sakit seperti ini mengira bahwa apa yang mereka rasakan adalah hal yang normal,” kata Irwin Goldstein, MD, direktur pengobatan seksual di Rumah Sakit Alvarado di San Diego, California.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.