Kompas.com - 10/12/2020, 19:58 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Tumpukan lemak di bagian perut terkadang membuat kita tidak tahan melihatnya. Selain membuat penampilan terlihat lebih tua, lemak di perut juga berbahaya bagi kesehatan.

Salah satu metode cepat yang dianggap dapat membakar lemak perut yaitu gerakan crunch atau sit up.

Sayangnya, meski gerakan ini bisa membantu meningkatkan massa otot, sit up tidak efektif menyelesaikan masalah lemak di perut.

"Sit up bagus untuk mengencangkan otot inti, memperkuat dan mengencangkan rektus abdominus, otot perut transversal dan otot miring eksternal perut serta otot leher," kata ahli manajemen berat badan Karen Cooper, DO.

Rektus abdominis adalah bagian otot yang melintang vertikal di tiap sisi dinding arterior pada perut.

Sedangkan otot perut transversal merupakan lapisan otot dinding perut anterior dan lateral yang memengaruhi kekuatan otot inti dan kesehatan punggung.

Baca juga: 2 Cara Efektif Membakar Lemak Perut dengan Gerakan Jumping Jack

American College of Sports Medicine merekomendasikan tiga set 8-12 repetisi atau pengulangan gerakan sit up tiga kali per minggu.

Namun, untuk membakar lemak perut, kita perlu aktivitas kardiovaskular intensitas tinggi sekitar 45 hingga 60 menit, seperti lari, sepak bola, jalan cepat, dan lompat tali.

Tidak hanya itu, pola makan juga wajib diatur.

"Anda perlu mengurangi asupan makanan olahan, makanan cepat saji, dan alkohol," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X