Kompas.com - 27/01/2021, 15:25 WIB
Ilustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing. SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing.

KOMPAS.com - Perdebatan mengenai tingkat kecerdasan kucing dan anjing selalu menarik diperbincangkan. Pecinta anjing cenderung mengatakan bahwa anjing lebih pintar daripada kucing. Begitu pula dengan mereka yang menyukai kucing, pasti berpendapat sebaliknya.

Lantas, hewan mana yang lebih pintar? Anjing atau kucing? Para peneliti masih terus menggali kecerdasan kedua hewan tersebut.

"Jawaban yang dapat diberikan hewan kepada kita tentang kemampuannya hanya sebaik pertanyaan yang kita ajukan kepadanya," sebut Dr Annie Valuska, PhD, pakar perilaku hewan peliharaan.

"Mungkin anjing lebih unggul dari kucing karena penelitian dilakukan di lingkungan laboratorium."

Baca juga: Ingin Panjang Umur, Peliharalah Anjing

"Kucing adalah hewan mangsa yang memiliki rangkaian respons perilaku dalam situasi yang berpotensi menakutkan, menyebabkan kucing tidak berpartisipasi (di laboratorium)."

Melihat kecerdasan anjing dan kucing

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada manusia, kecerdasan umumnya mengacu pada kemampuan mengingat detail seperti fakta, serta kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dan kreatif.

Penelitian biasanya menguji apakah anjing atau kucing dapat mempelajari perintah atau melakukan tugas tertentu.

"Anjing biasanya diperkenalkan dengan orang asing dan tempat asing sebagai bagian dari kehidupan sehari-harinya dan memiliki sejarah panjang dengan manusia selama evolusi spesies kita," jelas Valuska.

Baca juga: Lebih dari 23.000 Tahun Lalu Anjing telah Jadi Jinak dan Temani Manusia Bermigrasi

"Anjing juga sudah dibiakkan secara selektif untuk ciri-ciri perilaku tertentu. Hasilnya? Anjing bisa dilatih ketika para ilmuwan ingin membawanya ke laboratorium atau menghampiri kandang hewan itu dan memintanya tampil."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.