Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Terlalu Sering Bareng Kekasih Malah Bikin Hubungan Membosankan

Kompas.com - 10/02/2021, 11:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Bustle

KOMPAS.com - Ketika punya hubungan spesial dengan seseorang, kebanyakan dari kita rasanya selalu ingin menghabiskan waktu bersama.

Namun, keinginan itu ternyata tak selalu harus dituruti. Sebab, terlalu sering menghabiskan waktu bersama kekasih ternyata malah bisa membuat hubungan menjadi membosankan, lho.

"Ketika kita menghabiskan kebanyakan waktu bersama satu orang, akan sangat mudah untuk merasa lelah jika terus bersama dengannya," kata konselor tersertifikasi dan co-founder Double Trust Dating and Relationship, Jonathan Bennett kepada Bustle.

Namun, ketahui dulu seperti apa tanda kekasih sudah bosan dengan hubunganmu. Sebab, mungkin saja itu hanya kekhawatiranmu.

Baca juga: Waspadai 6 Tanda Kekasih Sudah Bosan dengan Kamu

Setiap orang, meskipun sudah memiliki pasangan, tentunya memiliki kebutuhan pribadi masing-masing.

Selain bisa menimbulkan kebosanan, terlalu sering menghabiskan waktu bersama kekasih juga bisa menimbulkan ketergantungan.

Memang, tidak ada jawaban pasti untuk menjelaskan berapa lama waktu yang dianggap "terlalu lama" tersebut.

Namun, kamu mungkin bisa melihat kembali seperti apa kamu dan kekasih menghabiskan waktu berdua.

"Pola hubungan ketergantungan terjadi ketika seseorang terlalu bergantung secara psikologis dan emosional terhadap pasangannya," ungkap terapis berlisensi, Sasha Jackson. MSW, LCSW.

Ketergantungan dengan pasangan bisa menimbulkan kecemasan, rasa takut atau bahkan rasa tidak percaya ketika tidak menghabiskan waktu bersama.

Misalnya, kamu mungkin akan cemburu dan curiga jika pada satu waktu kekasihmu sedikit lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-temannya.

Coba bayangkan, jika kamu terobsesi selalu mengecek ponsel, khawatir dengan kekasihmu ketika dia sedang tidak bersamamu, atau kebingungan bagaimana harus menghabiskan waktu ketika sendiri.

Situasi tersebut bisa menjadi tanda bahwa kamu memerlukan batasan yang jelas dan perlu meluangkan waktu untuk tidak bersama kekasihmu.

Ternyata, memberi sedikit jarak dengan pasangan bisa membantu mencegah kebosanan sekaligus membuat hubungan menjadi lebih kuat.

Jika selalu bersama sepanjang waktu, bagaimana bisa merasakan rindu, bukan?

Baca juga: 6 Hal yang Membuat Pria Bosan dalam Hubungan Asmara

Halaman:
Baca tentang
Sumber Bustle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com