Kompas.com - 31/03/2021, 15:47 WIB
Sisca Kohl TikTok @siscakohlSisca Kohl

KOMPAS.com - Konten tiktok Sisca Kohl yang berisi review makanan dan juga masakan kerap viral karena penggunaan bahan makanan impor. Buah yang termasuk favoritnya adalah stroberi korea seharga Rp 1,2 juta per kilogram.

Buah ini memang merupakan salah satu jenis buah yang tergolong mewah dan digemari banyak orang karena rasanya yang manis. Selain itu ukurannya juga lebih besar dengan kandungan air lebih banyak.

Ini adalah alasan buah ini begitu lezat dinikmati segar tanpa tambahan apapun. Dunia kuliner juga menggemarinya untuk diolah menjadi makanan dan dessert.

Indonesia juga salah satu konsumen buah dari negeri ginseng ini meski bukan yang utama. Korea Selatang mengirim 30 persen hasil panen perkebunan stroberinya ke Hongkong.

Persentase ini kemudian disusul oleh Singapura, Thailand, Vietnam dan Malaysia. Mengacu pada laporan Korea.net disebutkan jika 71,58 persen dari stroberi yang ada di Vietnam kini berasal dari Korea.

Baca juga: 6 Buah Termahal di Dunia: Stroberi Rp 59 Juta hingga Melon Rp 675 Juta

Popularitasnya juga sampai ke berbagai negara barat. Negara asal Kpop ini mengirim stroberi panenannya ke setidaknya 20 negara di dunia termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Selandia Baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak heran jika jumlah pengirimannya sangat tinggi dan terus meningkat meski di tengah pandemi.

Mengalahkan Jepang

Informasi Perdagangan Pertanian Korea di bawah Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corp pada 5 Februari menyebutkan ekspor stroberi secara bertahap meningkat setiap tahun.

Bahkan ekspor pada tahun 2020 lalu mencapai nilai 53,79 juta dollar Amerika, naik pesat jika dibandingkan tahun 2015 yang hanya mencapai 33,03 juta dollar AS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X