Kompas.com - 19/04/2021, 11:34 WIB
Ilustrasi anjing menggigit. SHUTTERSTOCK/ERIC ISSELEEIlustrasi anjing menggigit.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anjing yang kita pelihara tentu saja mencintai kita. Namun, tahukah bahwa anjing dapat menunjukkan efek negatif dari cinta yang dalam, seperti kecemburuan?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychological Science menemukan bahwa anjing akan menunjukkan kecemburuan, bahkan ketika membayangkan pemiliknya berinteraksi dengan anjing lain.

Dalam penelitian, para peneliti menempatkan 18 anjing ke dalam situasi di mana pemiliknya berinteraksi dengan anjing palsu atau sebuah tabung silinder berbulu.

Tabung silinder berbulu memiliki fungsi sebagai kontrol, sedangkan anjing palsu sebagai saingan.

Nah, dari situ, terlihat anjing-anjing mulai mengawasi anjing palsu yang ditempatkan di sebelah pemiliknya.

Kemudian, anjing-anjing itu berontak dengan kuat ketika pemiliknya tampak membelai anjing palsu.

Hewan tersebut juga menarik pemiliknya ketika mereka mengelus tabung silinder berbulu, walau tidak sekuat ketika pemiliknya dekat dengan anjing palsu.

"Penelitian mendukung apa yang diyakini oleh banyak pemilik anjing, bahwa anjing akan menunjukkan perilaku cemburu ketika pemiliknya berinteraksi dengan saingannya."

Demikian penuturan Amalia Bastos dari University of Auckland di Selandia Baru, yang merupakan penulis utama studi tersebut.

Baca juga: Beda Kepribadian antara Pencinta Kucing dan Pencinta Anjing, Apa Saja?

Ilustrasi anjing bersedihUnsplash/Matthew Henry Ilustrasi anjing bersedih
Dalam penelitian sebelumnya, 80 persen pemilik anjing mengatakan, hewan peliharaan mereka akan menunjukkan perilaku cemburu seperti menggonggong dan menarik tali, saat mereka memerhatikan anjing lain.

Halaman:


Sumber Pets
Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X