Kompas.com - 13/05/2021, 08:24 WIB

KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih buruk daripada terus-menerus merasa stres. Terutama ketika kita sedang mencoba menurukan berat badan, stres hanya akan menjadi penghalang.

Keadaan stres yang terus-menerus juga dapat memiliki banyak efek samping pada tubuh kita secara keseluruhan.

"Untuk memahami efek stres pada tubuh, kita perlu mengenali hormon terkait stres kita. Hormon stres utama adalah kortisol dan hormon pengantar sinyal pada saraf adalah serotonin."

Demikian penjelasan dari Chief Medical Officer for Medi-Weightloss, Gretchen San Miguel, MD.

Menurut dia, pada awalnya stres dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan, tetapi stres kronis jangka panjang justru meningkatkan rasa lapar.

Baca juga: 10 Hal Sederhana untuk Mengatasi Stres, Cuma Perlu 15 Menit

"Kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan kadar insulin, sehingga membuat kita mendambakan makanan yang manis dan berlemak tinggi," terangnya.

Secara kronis, ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, tekanan darah tinggi, diabetes, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi.

Namun, jangan khawatir, San Miguel membagikan beberapa kiat diet terbaik dan termudah yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi stres seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

Baca juga: Mengapa Candu Makanan Manis Sulit Dihentikan

1. Kurangi konsumsi makanan manis

San Miguel mengatakan bahwa makanan tinggi gula akan membuat kita mendambakan lebih banyak makanan manis, yang menciptakan siklus tanpa akhir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.