Kompas.com - 18/06/2021, 14:49 WIB

KOMPAS.com - Flek hitam alias bintik-bintik gelap pada wajah bisa menjadi permasalahan yang menjengkelkan dan mengganggu penampilan.

Ukurannya bisa berbeda dan tak hanya muncul di area wajah saja namun juga di leher, kulit, tangan dan lipatan tubuh lainnya.

Flek hitam sebenarnya adalah kondisi hiperpigmentasi yang dipicu oleh beberapa faktor, terutama sinar matahari. Kondisi ini disebabkan penumpukan produksi melanin, pigmen pemberi warna kulit dan rambut, di area kulit tertentu.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Ampuh Cegah Flek Hitam

Secara umum, ada beberapa hal yang seringkali menyebabkan flek hitam:

  • Kerusakan kulit

Kerusakan kulit seperti eksim, jerawat, dan pembengkakan yang sudah membaik memberikan efek samping berupa flek hitam.

"Kita biasanya melihat flek hitam setelah jerawat, terutama jerawat yang besar dan membengkak," kata Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat dan instruktur klinis di Weill Medical College of Cornell University.

Orang yang berkulit lebih gelap lebih cenderung memiliki jenis hiperpigmentasi ini karena konsentrasi melanin yang lebih tinggi.

Baca juga: Bekas Jerawat Jangan Terpapar Sinar Matahari, Ini Dampaknya

  • Melasma

Melasma juga bisa menyebabkan noda hitam di wajah, umumnya disebabkan paparan sinar matahari atau kecenderungan genetik. Kehamilan juga bisa menjadi penyebabnya karena adanya perubahan hormon.

King bahkan menyebutkan, setidaknya 50 persen ibu hamil akan mengalami perubahan kondisi kulit ini. Biasanya ini akan memudar setelah melahirkan namun disarankan untuk memberikan perawatan khusus untuk mempercepat prosesnya.

  • Paparan sinar matahari

Lentigines adalah jenis hiperpigmentasi yang terjadi ketika kulit terkena terlalu banyak sinar matahari." Jenis kulit yang lebih terang lebih rentan terhadap solar lentigines," kata King.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.