Kompas.com - 14/09/2021, 13:21 WIB
Jadilah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab. SHUTTERSTOCKJadilah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci atau pun yang lainnya, tentu  perlu dipenuhi semua kebutuhannya, termasuk makanan, mainan, tempat tidur, dan perawatan rutin.

Biaya untuk hewan peliharaan ini seringkali tidaklah murah. Tentu setiap orang mengeluarkan biaya bervariasi, bisa lebih murah, bisa pula lebih mahal.

Nah, berikut tips untuk menghemat uang bagi yang memiliki hewan peliharaan.

1. Belanja persediaan di toko yang sedang diskon

Stephanie Mantilla, pelatih hewan di Curiosity Trained Mantilla menyarankan untuk berbelanja keperluan hewan di toko yang sedang diskon.

“Kita bisa mendapatkan semua yang kita butuhkan untuk hewan peliharaan baru, termasuk kalung anjing dan kandang, dengan penghematan yang signifikan."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pilih makanan yang tepat, bukan yang akan terbuang

Kita semua tentu ingin hewan peliharaan kita makan makanan berkualitas tinggi yang tidak penuh dengan bahan-bahan buatan.

"Saat berbelanja makanan hewan, pastikan untuk meluangkan waktu membaca daftar bahannya. Idealnya, daging adalah bahan pertama," saran Mantilla. 

Ada baiknya untuk menghindari produk sampingan daging dan jagung.

Halaman:


Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.