Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba 6 Tips Ini agar Makeup Tak Cepat Luntur Saat Silaturahmi Lebaran

Kompas.com - 10/04/2024, 18:38 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Selain pakaian, makeup juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk menunjang penampilan perempuan saat hendak silaturahmi Lebaran.

Namun karena silaturahmi Lebaran bisa memakan waktu seharian, maka kita perlu mengetahui cara agar makeup dapat bertahan lebih lama.

Nah, dilansir dari laman Byrdie, pada Rabu (10/4/2024), simak beberapa tips membuat makeup tidak cepat luntur sebagai berikut.

Tips agar makeup tidak cepat luntur

1. Gunakan primer

Menggunakan primer pada wajah untuk alas bedak dan mata untuk perona mata adalah cara terbaik membantu makeup bertahan sepanjang hari tanpa terlihat berminyak.

Ada banyak jenis primer yang bisa dipilih, baik itu primer yang membantu menyamarkan kemerahan pada wajah, atau yang memberikan kilau agar kulit tampak lebih bercahaya.

Untuk itu, mengetahui primer apa yang paling cocok dengan kita adalah kuncinya. Jadi mencoba beberapa formula yang berbeda merupakan ide yang bagus sampai kita menemukan mana yang paling cocok.

Baca juga: Makeup Cepat untuk Lebaran, Perlu Produk Apa Saja?

2. Gunakan kuas dan spons yang berkualitas

Ini mungkin salah satu tips yang paling penting dalam hal membuat makeup lebih tahan lama.

Menggunakan kuas berkualitas untuk mengaplikasikan alas bedak, eyeshadow, dan segala sesuatu di antaranya, serta spons seperti beauty blender, akan memastikan makeup kita tahan lama dan juga terlihat menyatu.

3. Pakai foundation dulu dan concealer setelahnya

Mengaplikasikan concealer di bawah mata dan di area yang bermasalah sebelum mengaplikasikan foundation sebenarnya adalah kebalikan dari apa yang seharusnya kita lakukan.

Sebab, mengaplikasikan makeup di atas concealer hanya akan menyeretnya ke seluruh kulit, sehingga kita perlu segera melakukan touch-up.

Sebaliknya, kita harus mengaplikasikan foundation terlebih dahulu dan kemudian mengaplikasikan concealer di bawah mata.

Mengaplikasikan concealer di atas foundation dan kemudian membaurkannya agar sesuai akan memastikan semuanya tetap berada di tempat yang semestinya.

4. Bersihkan minyak berlebih

Meskipun memiliki minyak berlebih pada kulit sebenarnya membantu mencegah keriput dan garis-garis halus, namun kita tidak ingin terlihat berminyak sepanjang hari.

Jadi bawalah beberapa kertas face oil paper yang dibuat khusus untuk menyeka minyak pada wajah dan simpanlah di dalam tas setiap saat.

Ini akan memastikan kita mengurangi minyak pada wajah, namun tidak merusak makeup.

Baca juga: Tips Makeup 5 Menit untuk Lebaran, Praktis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com