Kompas.com - 24/09/2021, 07:39 WIB
Ilustrasi meditasi shutterstockIlustrasi meditasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Tentu setiap pasangan ingin agar hubungan mereka tetap harmonis di masa pandemi. Dan untuk meraihnya, berbagai cara pun dilakukan, mulai dari mencoba olahraga dan latihan bersama pasangan, hingga honey moon kembali.

Cara-cara tersebut memang bisa membuat kita dan pasangan kembali rileks dan mengurangi kejenuhan yang menjadi penyebab utama pertengkaran di masa pandemi.

Namun, ternyata ada satu tips lagi yang bisa dicoba guna mempertahankan keharmonisan rumah tangga, yaitu dengan cara meditasi bersama pasangan.

Jika ingin mencobanya agar hubungan tetap harmonis, simak cara melakukannya sesuai dengan instruksi guru self-healing Edwin Tan, berikut ini.

Meditasi pertama

Pertama, carilah posisi yang paling nyaman bagi kita. Bisa berdiri, atau duduk.

Jika melakukannya di hadapan pasangan, lakukan berhadapan. Namun, jika pasangan jauh dari kita, bisa melakukannya bersama melalui video call atau dengan visualisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, mulailah latihan napas dengan membawa telapak tangan di depan dada, dan telapak tangan kiri di depan perut.

Setelah itu, tarik dan hembuskan napas bergantian. Pastikan saat menarik napas, perut mengembang, sementara saat menghembuskannya, perut mengempis.

Di tengah-tengah meditasi, sadari rasa bahagia yang dirasakan saat bersama pasangan. Lalu setelah itu, buang napas lebih panjang hingga tubuh semakin rileks, dan lakukan hingga empat sampai lima set.

Hasilnya, setiap kali kita membuang napas, akan semakin rileks dan membawa rasa syukur atas napas yang ada, dan kita akan merasakan energi cinta kasih dari pasangan.

Baca juga: Apa Itu Meditasi? Ini Penjelasan Singkatnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.