Kompas.com - 24/09/2021, 08:23 WIB
Mengajarkan anak rasa empati merupakan skill yang penting bagi perkembangan emosional anak. SHUTTERSTOCKMengajarkan anak rasa empati merupakan skill yang penting bagi perkembangan emosional anak.

KOMPAS.com – Mengajarkan anak-anak agar memiliki sikap empati merupakan bekal yang penting bagi mereka sebagai makhluk sosial.

Tak seperti kebutuhan fisik, terkadang kebutuhan emosional dan kedewasaan emosional kerap dilupakan oleh orangtua dalam membesarkan anak. Jika menyangkut kebutuhan fisik, orangtua pasti akan memberi respons cepat.

Memang, kebutuhan emosional sedikit sulit untuk ditangani. Namun, orangtua bisa membiasakannya.

Nah, salah satu hal yang diperlukan anak untuk memenuhi kebutuhan emosionalnya adalah rasa empati.

Empati adalah kemampuan untuk mehamami emosi yang dirasakan orang lain. Kata empati dapat memiliki berbagai definisi, tapi definisi utamanya adalah dapat membayangkan apa yang orang lain rasakan atau pikirkan, dan kita harus meresponsnya dengan pengertian.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini Saat Menumbuhkan Rasa Empati Pada Anak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengajari anak pentingnya empati, orangtua perlu memahami perasaan dan perilaku anak terlebih dahulu. Lalu, bantulah anak agar mereka paham bagaimana cara mengekspresikannya.

Jika anak tumbuh dengan rasa empati, ia akan menjadi orang dewasa yang dapat bergaul dengan orang-orang yang memiliki sifat berbeda. Ini adalah hal yang penting karena manusia diciptakan beragam. 

Cara termudah mengajarkan anak tentang empati adalah saat anak menangis.

Saat anak meltdown atau menangis, mereka akan merasa kesal. Perasaan kesal ini terjadi karena suatu alasan. Namun, terkadang saat orangtua mendapati anaknya "cengeng" mereka selalu fokus untuk menghentikannya, tanpa mempedulikan alasan di balik perasaan anak.

Orangtua harus tetap tenang dan tidak terlalu memberi reaksi hingga anak merasa lega.

Baca juga: Anak Remaja Meltdown, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.