Kompas.com - 27/12/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sebaik-baiknya sifat dan perilaku seseorang kepada pasangan dalam sebuah hubungan, pasti ada saja masalah yang datang.

Apalagi, jika kedua pihak sama-sama tidak mau mau mengalah atau pun tertutup, tentu saja  masalah menjadi tak kunjung selesai.

Cara membina hubungan agar langgeng bisa dimulai dengan membuka keran komunikasi, seperti yang disarankan oleh John dan Julie Gottman dalam bukunya yang berjudul "Eight Dates".

Keduanya merupakan pasangan yang sudah lebih dari 40 tahun mendedikasikan hidupnya untuk meneliti cara menjaga hubungan.

Baca juga: 5 Manfaat Memelihara Hewan Bersama Pasangan bagi Keharmonisan Hubungan

Mereka dalam bukunya menyarankan agar pasangan menjadwalkan obrolan mendalam secara teratur yang membahas kepercayaan, masalah, seks, uang, keluarga, petualangan, spiritualitas, dan mimpi.

Lalu, bagaimana caranya?

1. Bertanyalah kepada pasangan

Ingatlah bahwa komunikasi memainkan peran yang penting selama hubungan berlangsung.

Komunikasi bukan sekadar obrolan sehari-hari, tapi bisa dilakukan dengan menanyakan beberapa hal yang ingin diketahui oleh pasangan.

Gottman menyarankan agar selama menjalin hubungan, tanyakan pasangan seputar:

Pengalaman hidupnya, baik di masa lalu atau saat ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.