Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Bisa Membuat Hancurnya Hubungan Jangka Panjang

Kompas.com - 09/01/2022, 15:07 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com - Meski tak ada yang menginginkannya, tak jarang suatu hubungan yang telah dijalin selama bertahun-tahun harus kandas.

Alasannya pun beragam, mulai dari merasa tak lagi dicintai hingga merasa dimanfaatkan,

Memang, saat bersama seseorang untuk waktu yang lama, kita cenderung merasa nyaman dengannya dan mulai merasakan hubungan yang tak tergantikan.

Kendati demikian, beberapa pilihan buruk dapat membuat hubungan jangka panjang kita berakhir buruk hingga akhirnya putus menjadi jalan terbaik.

Nah, berikut ini ada empat hal yang dapat menyebabkan hubungan jangka panjang berakhir buruk, apa saja?

Kesalahpahaman dan rasa curiga

Setiap hubungan tentu melewati fase dimana kesalahpahaman dan kecurigaan mulai melanda.
Sebenarnya, jika ditangani dengan bijak, fase ini akan segera berlalu dengan baik.

Namun jika tidak ditangani, ini akan mengakibatkan pertengkaran tanpa henti yang selanjutnya dapat menyebabkan frustrasi dan stres.

Baca juga: Catat, 6 Tanda Hubungan dengan Pasangan Makin Memburuk

Kurangnya kasih sayang dan apresiasi

Terlepas dari berapa lama hubungan kita, kurangnya cinta dan apresiasi dapat menyebabkan hubungan retak. Karena itu, tak sedikit wanita yang terpaksa melepas hubungannya yang telah terjalin lama akibat tidak adanya rasa cinta.

Jadi, sama seperti saat akan mencintai dan menghargai pasangan di hari-hari awal hubungan, sebisa mungkin jalani hubungan dengan cara yang sama seiring waktu berjalan.

Hilangnya percikan atau rasa 

Terkadang, hilangnya percikan dalam hubungan dianggap cinta yang hilang. Jadi, cobalah menghidupkan kembali percikan yang hilang itu dengan lebih memperhatikan pasangan atau dengan berlibur bersama.

Peningkatan keintiman pun bisa dilakukan. Intinya, lakukan apapun yang kita bisa demi menghidupkan kembali percikan yang hilang itu,

Kurangnya dialog

Jika percakapan dalam hubungan nampak mulai memudar, ambil inisiatif dan mulai ajak pasangan untuk berdialog. Diskusikan apa pun dan buat agar percakapan itu terus berlangsung.

Cobalah untuk bertemu sambil minum kopi, matikan ponsel, dan diskusikan kehidupan. Ini akan membantu kita dan pasangan kembali terikat dan mungkin akan membantu kita untuk mendapatkan kembali koneksi yang hilang dalam hubungan jangka panjang itu.

Baca juga: Love Language Kunci Hubungan yang Langgeng, Benarkah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com