Kompas.com - 20/01/2022, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berlari merupakan salah satu aktivitas olahraga yang tergolong mudah untuk dilakukan.

Tanpa membutuhkan banyak peralatan, kita dapat membakar kalori sehingga berat badan terjaga.

Selain itu, berlari rupanya juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita, lho.

Olahraga ini cocok bagi mereka yang memiliki gangguan stres, kecemasan, atau depresi.

Peneliti psikologi, dosen, serta pendiri HatiPlong, Farah Djalal menjelaskan bagaimana berlari bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mental.

"Sebenarnya, kesehatan fisik dan kesehatan mental itu saling berhubungan," jelas Farah dalam konferensi pers acara "Pelarian Peduli Isu Kesehatan Mental Kaum Muda" yang diadakan pada Rabu (19/1/2022) siang.

"Terkadang jika kita merasa sakit fisik, itu berpengaruh terhadap kesehatan mental. Mental kita juga lagi enggak benar, itu berpengaruh terhadap kesehatan fisik."

Baca juga: Atasi Stres Hingga Kecanduan, Ini 9 Manfaat Lari bagi Kesehatan Mental

Lebih lanjut, dikatakan Farah, berdasarkan penelitian ditemukan bahwa salah satu cara untuk mengatasi stres, kecemasan, dan depresi adalah dengan berolahraga.

"Misalnya, orang yang depresi itu biasanya tidak mau bergerak. Nah, seorang psikolog selain memberikan konseling juga menganjurkan terapi berolahraga, baik itu berjalan maupun berlari."

"Berlari itu bukan hanya bagus untuk kesehatan fisik, tetapi juga merupakan terapi, tidak harus untuk orang yang punya kelainan, tapi bisa dilakukan siapa saja karena meningkatkan kesehatan mental," tutur wanita itu.

Dengan berlari, lanjut Farah, seseorang dapat memicu produksi hormon endorfin yang meningkatkan emosi positif.

"Terus ada juga hormon leptin yang mengatur pola makan dan energi tubuh, serta menimbulkan motivasi untuk berlari lebih banyak. Efek hormon ini juga ada efek psikologis," cetusnya.

Baca juga: Memahami Mindfulness dalam Olahraga Lari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.