Kompas.com - 04/03/2022, 07:46 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pasangan artis Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah baru saja dikaruniai anak pertama mereka yang diberi nama Ameena Hanna Nur Atta.

Sebagai langkah persiapan investasi kesehatan anaknya di kemudian hari. Keduanya pun memutuskan untuk menyimpan tali pusat 'baby A' di Celltech Bank Stemcell Vinski Tower. Lantas apa manfaatnya menyimpan tali pusat?

Tali pusat merupakan darah yang ada di saluran penghubung antara ibu dan janin di dalam kandungan. Di dalam saluran ini terdapat sel punca atau stem cell.

Baca juga: Di Balik Cerita Kehamilan dan Persalinan Aurel Hermansyah

Para ahli meyakini tali pusat dapat dipakai mengobati berbagai penyakit kronis di kemudian hari, sehingga bisa disimpan.

"Tali pusat dapat diolah oleh laboratorium untuk menjadi stemcell yang sangat bermanfaat mengatasi berbagai penyakit," ungkap Prof. dr. Deby Vinski, MSc, PhD, Founder Laboratorium Celltech Stemcell Center Vinski Tower dalam keterangan persnya.

Beberapa penyakit yang dapat dibantu diatasi dengan sel punca antara lain, stroke, diabetes, leukemia, penyakit autoimun, demensia, alzheimer, parkinson, osteoporosis, menopause, andropause dan vitalitas.

"Saya sempat chat WhatsApp sama Aurel. Pastinya Aurel juga paham, terutama manfaatnya," ucap Deby Vinski.

Tali pusat sebagai pengobatan

Prosedur penyimpanan tali pusat termasuk sederhana dan tidak menyakitkan bagi ibu dan bayi. Segera setelah lahir, tali pusat dikeluarkan dan disimpan.

Melansir laman Whattoexpect, bagian ini dapat digunakan di masa mendatang. Jika metode penyimpanannya tepat, tali pusat dapat bertahan lebih dari 20 tahun.

Itulah sebabnya tak sedikit perusahaan swasta yang mengembangkan sel punca sebagai terapi pengobatan.

Baca juga: Mengapa Janin Bisa Terlilit Tali Pusat?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.