Kompas.com - 08/07/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Festival Generasi Pancasila dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, Hari Keluarga Nasional, dan Hari Anak Nasional pada Selasa (05/07/2022).

Mengusung tema “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila”, acara ini menghadirkan sejumlah agenda menarik dan bermanfaat untuk anak-anak.

Ada tiga kelas yang disediakan untuk anak jenjang PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK yaitu Kelas Generasi Dongeng, Kelas Generasi Kreatif, dan Kelas Generasi Mandiri. 

Dalam momen ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim juga mengingatkan pentingnya pendidikan karakter yang ditanamkan oleh orangtua di rumah.

“Perilaku yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila perlu menjadi kebiasaan, dan kebiasaan itu harus mulai dibangun sejak dini, mulai dari rumah,” pesannya saat membuka acara yang digelar online itu. 

“Saya berpesan kepada Ibu dan Bapak orangtua agar terus menjadikan lingkungan rumah sebagai ruang belajar yang aman untuk anak-anak kita,” ujar founder Gojek ini.

Baca juga: Anak Tertutup dan Sulit Bergaul, Apa yang Perlu Dilakukan Orangtua?

Psikolog Ayoe Soetomo, yang hadir sebagai salah satu narasumber, menjelaskan peran keluarga, khususnya dalam hal ini orangtua, sangatlah penting dalam tumbuh kembang seorang anak .

“Peran keluarga dalam tumbuh kembang anak tentunya sangat besar sekali, karena semuanya dimulai dari keluarga," terangnya.

Menurutnya, orangtua maupun keluarga perlu memiliki konsep tentang bagaimana membesarkan anak dan membawa kehidupannya menjadi lebih bernilai.

"Harapannya nilai tersebut adalah nilai kebaikan seperti nilai Pelajar Pancasila,” ucap Ayoe.

Ia menguraikan, profil Pelajar Pancasila, berdasarkan karakter Pancasilais, perlu menjadi pondasi bagi setiap keluarga agar dapat menjadi generasi yang sehat, cerdas, berprestasi, kreatif, dan mandiri.

“Semuanya memang mulai dari keluarga. Keluarga memberikan contoh yang baik, implementasi dengan nilai-nilai yang baik, sehingga kebiasaan-kebiasaan baik itu akan tumbuh pada anak,” tutupnya.

Orangtua juga diminta tetap semang untuk belajar termasuk mencari tahu kemampuan anak dan informasi yang tepat untuk mendampingi anak.

Baca juga: Pentingnya Keterlibatan Orangtua bagi Perkembangan Psikologis Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.