Kompas.com - 28/07/2022, 08:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cuaca panas tentu akan membuat tubuh kita merasa tidak nyaman, begitu pula dengan hewan peliharaan kesayangan kita.

Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat hewan peliharaan tetap nyaman dan aman saat cuaca sangat panas.

Berikut enam tips untuk menjaga agar hewan tetap aman dan nyaman saat cuaca panas, seperti dilansir dari Insider.

Jangan mengoles atau menyemprotkan produk bagi manusia

"Jangan mengoleskan tabir surya atau produk pengusir serangga yang tidak diberi label khusus pada hewan," kata direktur medis kedokteran komunitas di ASPCA, Lori Bierbrier.

Ya, meski memang ebagian besar mamalia rentan terhadap sengatan matahari dan gigitan serangga, bukan berarti kita harus melindungi anjing atau kucing kita dengan barang-barang untuk manusia.

Apalagi, banyak tabir surya dan obat nyamuk yang mengandung bahan yang berbahaya jika tertelan.

Ingat, hewan peliharaan kita tidak akan mengerti produk apa yang dioleskan ke tubuhnya. Jadi jika kita mengoleskannya, ada kemungkinan anjing atau kucing kita ingin menjilat atau merasakannya.

"Menelan produk tabir surya dapat menyebabkan keluarnya air liur, muntah, diare, rasa haus yang berlebihan dan lesu, sementara obat nyamuk yang mengandung DEET dapat menyebabkan masalah neurologis,” ujar Bierbrier.

Sebagai gantinya, carilah tabir surya atau semprotan serangga yang dirancang khusus untuk hewan. Namun, berhati-hatilah karena beberapa semprotan yang cocok untuk anjing mungkin beracun bagi kucing.

Lalu setelah menemukan produk yang sesuai, baca instruksi dan uji pada sepetak kecil kulit hewan peliharaan sebelum mengoleskannya ke sekujur tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.