Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Lego Friends Mengajarkan Anak Keberagaman

Kompas.com - 28/10/2022, 16:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sebagian dari kita mungkin pernah bermain dengan Lego Friends dan dekat dengan tokoh-tokohnya. Namun dalam permainan pun, tokoh-tokoh itu akan menjadi dewasa seperti kita.

Nah, satu dekade setelah peluncuran Lego Friends, The Lego Group memperkenalkan Friends Universe generasi baru, dengan karakter yang merepresentasikan keberagaman dari anak-anak, untuk merayakan persahabatan yang beragam di era modern.

Karena The Lego Group mengutamakan anak-anak sebagai acuan dalam berkreasi, Lego Friends generasi baru menampung dan menerapkan hasil riset dan juga saran-saran yang diberikan oleh pelanggan.

Berdasarkan riset dan saran yang dikumpulkan, anak-anak memiliki keinginan untuk melihat diri sendiri, teman-teman, dan keluarga mereka terwakili dalam mainan yang mereka mainkan.

Oleh karenanya, Friends Universe baru ini menghadirkan karakter yang otentik, menarik, penuh semangat, dan beragam, termasuk penambahan berbagai warna kulit, budaya, disabilitas fisik dan disabilitas tidak terlihat, serta keberagaman saraf.

Set dan tayangan serial baru ini akan menampilkan karakter dengan disabilitas fisik, Down Syndrome, vitiligo, dan seekor anjing dengan kursi roda.

Lego Friends juga mengeksplorasi tantangan modern yang dihadapi anak-anak, termasuk hasrat, rintangan, dan perbedaan, sambil mencoba menciptakan persahabatan.

Lego Friends Universe generasi baru Lego Friends Universe generasi baru
"Di The Lego Group, kami memahami bahwa anak-anak ingin karakter yang mereka temui lebih mirip dengan beragam kepribadian yang ditemui di kehidupan nyata," kata Tracie Chiarella, Head of Product, Lego Friends di The Lego Group.

"Kami terus mengembangkan produk agar dapat mencerminkan masyarakat saat ini. Kami ingin anak-anak melihat Lego Friends Universe, baik dalam produk fisik maupun konten yang kami luncurkan pada tahun 2023, sebagai cerminan persahabatan mereka sendiri dan melihat karakternya sebagai sesuatu yang otentik."

Lego Friends Universe bertujuan membantu anak-anak menjadi sosok teman yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan orang lain, sekaligus memberikan perkembangan emosional dan sosial melalui permainan, untuk membantu mereka lebih memahami individualitas, keragaman, dan dunia modern.

Selain hasil penelitian riset dan masukan dari anak-anak yang memberi saran, The Lego Group juga mengungkapkan penelitian terbaru yang semakin memperhatikan kebutuhan anak-anak akan representasi.

Lego Play Well Study 2022 menunjukkan hasil bahwa terdapat keinginan besar untuk melihat lebih banyak tokoh yang mewakili diri mereka dalam mainan dan lebih banyak menampilkan keberagaman.

Ditemukan juga bahwa 97% orang tua percaya bahwa penting untuk mendiskusikan keunikan individu di antara kita semua, terutama terkait kesehatan mental (91%), disabilitas fisik (82%), disabilitas mental (81%), dan etnisitas (75%).

Terlebih lagi, 84% dari orang tua merasa bahwa mainan memiliki peran penting untuk membantu anak-anak mempelajari tentang keberagaman.

Lego Friends Universe generasi baru Lego Friends Universe generasi baru
Penelitian ini juga menemukan bahwa 3 dari 4 (73%) anak-anak merasa bahwa saat ini tidak terdapat cukup mainan dengan karakter yang mewakili mereka, dan demikian pula 8 dari 10 (80%) anak-anak ingin ada lebih banyak mainan dengan karakter yang terlihat seperti mereka.

Terlebih lagi, anak-anak juga meminta dunia yang lebih adil dan merata dengan 9 dari 10 (91%) anak mengatakan bahwa mereka ingin semua orang diperlakukan sama.

The Lego Group ingin anak-anak di seluruh dunia merasakan seluruh Friends Universe sebagai hal yang dapat diterima dan mewakili dunia nyata, baik dalam hal produk maupun konten.

Sebagai hasilnya, alur cerita acara TV Lego Friends telah diperbarui kerjasamanya dengan Geena Davis Institute on Gender in Media yang membantu mengembangkan karakter untuk memastikan bahwa narasi tersebut dapat diterima, inklusif, dan mencerminkan kesulitan dan pengalaman yang dihadapi anak-anak saat ini, termasuk pasang surutnya persahabatan.

Set Lego Friends baru akan tersedia mulai 1 Januari 2023 di Lego Certified Stores, Kidz Station, Toys Kingdom, Toys City, dan toko resmi Lego di Shopee, Tokopedia, Lazada & BliBli. Sementara TV spesial Lego Friends akan ditayangkan pada Februari 2023.

Baca juga: Lego Hadirkan Set Terbaru Hulkbuster, Tingginya 21 Centimeter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com