Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Jolie dan Misi Kemanusiaan di Bisnis Fesyen Ramah Lingkungan

Kompas.com - 22/05/2023, 21:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktris Hollywood Angelina Jolie kini terjun ke bisnis fesyen ramah lingkungan. Rencananya bisnis fesyennya itu bakal dirilis pada musim gugur di tahun 2023. 

Dia memanfaatkan berbagai bahan sisa untuk membuat karya baru yang eksklusif dan lebih bernilai.

Bahkan apa yang dilakukannya itu juga membawa visi dan misi berkelanjutan dengan keinginannya untuk merevolusi industri mode yang semakin mengkhawatirkan bagi perajin hingga keberlangsungan lingkungan.

Baca juga: Seperti Angelina Jolie, Kenali Risiko Kanker Payudara akibat Faktor Keturunan 

Lini bisnis fesyen ramah lingkungan milik Angelina Jolie

Atelier Jolie lini bisnis fesyen ramah lingkungan Angelina JolieInstagram / @angelinajolie Atelier Jolie lini bisnis fesyen ramah lingkungan Angelina Jolie

Baru-baru ini Angelina Jolie tengah sibuk mengurus lini fesyen Atelier Jolie yang baru dirilisnya melalui unggahan di Instagram @atelierjolieofficial.

Melalui lini bisnis berkelanjutannya itu, bintang film Maleficent tersebut ingin berperan menjadi penghubung antara pelanggan dan desainer atau pengrajin dari seluruh dunia untuk menggaungkan misi kemanusiaan sekaligus keberlanjutan.

Atelier Jolie sengaja digagas untuk fokus pada lini busana yang menggunakan material dead stock alias sisa produk musiman, produk rusak hingga produk fesyen retur untuk disulap kembali menjadi karya eksklusif, vintage, dan bernilai.

Dalam unggahannya, Atelier Jolie menggambarkan dirinya sebagai merek yang mewadahi individu kreatif untuk bersatu dengan berbagai penjahit terampil, pembuat pola dan pengrajin dari seluruh dunia.

Konsep ini tumbuh dari keprihatinan Jolie terhadap desainer, penjahit hingga pembuat baju yang sudah pernah bekerja sama dengannya selama bertahun-tahun.

"Inisiatif ini bertujuan untuk memperbaiki dan mendaur ulang barang-barang dari lemari, menyempurnakan kecocokan, menghidupkan kembali apa yang telah terbuang dan menjadi barang berkualitas dengan makna inklusif," tegas Angelina Jolie dalam website Atelier Jolie.

Menggali lebih dalam tentang Atelier Jolie, sebenarnya ini merupakan gagasan dari Jolie untuk mendorong siapapun yang memiliki kemampuan di bidang fesyen untuk berkreasi.

Melalui lini bisnis berkelanjutannya itu, Jolie ingin menjadi sebuah jembatan antara pikiran kreatif, konsumen cerdas serta menghubungkan dengan karya unik, khas, serta karya yang inklusif.

Dia juga bercita-cita untuk membina komunitas berbasis kreativitas dan inspirasi tanpa batas, tanpa melihat batasan latar belakang sosial-ekonomi.

Proyek ini juga digagasnya untuk menyoroti masyarakat terpinggirkan dan mendukung para kreatif dengan penawaran magang hingga meningkatkan keahlian mereka.

Baca juga: 3 Tips Sukses Membangun Bisnis Fesyen Berkelanjutan 

Misi kemanusiaan Angelia Jolie melalui lini bisnisnya

Angelina JoliePexels / Wallpaperaccess Angelina Jolie

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com