Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2024, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memulai rutinitas olahraga di tempat gym seringkali terasa menakutkan, terlebih jika kita tidak terbiasa menggunakan alat-alatnya.

Untungnya, ada beberapa alat gym yang bisa dimanfaatkan untuk memulai latihan bagi pemula, seperti alat untuk latihan kardio dan juga kekuatan.

"Mulailah 20 menit dengan alat untuk latihan kardio dan lima sampai enam menit untuk latihan kekuatan," saran seorang trainer, Stephanie Thomas, seperti dikutip dari laman Well and Good pada Senin (25/3/2024).

Baca juga: 7 Latihan di Gym untuk Singkirkan Lemak Perut

Lebih lanjut, Thomas pun merekomendasikan sejumlah alat gym yang bisa digunakan oleh para pemula sebagai berikut.

Rekomendasi alat gym untuk pemula

1. Treadmill

Thomas mengatakan bahwa treadmill adalah cara yang mudah untuk memulai latihan kardio yang low impact, jadi tidak perlu latihan khusus.

"Berdirilah di samping treadmill dan pegang pegangan samping sebelum menyalakannya. Tampilannya akan berbeda pada berbagai model, tetapi cukup nyalakan mesin dan pilih kecepatan rendah," kata Thomas.

Selain itu, perhatikan juga letak tombol berhenti sehingga kita siap untuk menghentikan mesin saat ingin menyelesaikan latihan.

Menurut Thomas, setelah kecepatan sudah diatur, mulailah berjalan di atas treadmill. Ia menyarankan untuk memulai dengan kecepatan berjalan normal dan meningkatkan mode hill (menanjak) guna meningkatkan detak jantung.

"Lakukan latihan selama 20 menit dengan pemanasan jalan cepat selama lima menit, lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan dan tanjakan sesuai dengan tingkat kebugaran," ungkapnya.

"Setelah 15 menit atau lebih, kurangi kecepatan dan tanjakan dan akhiri dengan satu atau dua menit berjalan santai untuk pendinginan," jelas dia.

Ilustrasi pemula menggunakan elliptical trainer di tempat gym.Shutterstock/George Rudy Ilustrasi pemula menggunakan elliptical trainer di tempat gym.

2. Elliptical trainer

Alat gym yang juga cocok dan mudah digunakan oleh para pemula adalah elliptical trainer.

Kita bisa menggunakannya untuk sesi kardio yang lebih lama dan melatih seluruh tubuh, atau hanya sebagai pemanasan sebelum latihan kekuatan.

"Alat ini memiliki petunjuk langkah demi langkah di konsol depan. Nyalakan monitor, mulailah mengayuh dengan mendorong pedal dengan gerakan ke depan," terang Thomas.

Latihan yang baik untuk pemula disarankan selama 20 menit dengan pemanasan sekitar lima menit. Kemudian, coba tingkatkan resistensi ke intensitas yang sulit selama dua menit, lalu turunkan kembali ke resistensi sedang selama dua menit.

Ulangi hal ini sampai kita mencapai 20 menit. Akhiri dengan pendinginan selama satu atau dua menit.

Baca juga: Pertama Kali Berolahraga di Gym? Ini Barang yang Wajib Dibawa

Ilustrasi menggunakan sepeda statis di tempat gym.Shutterstock/Lucky Business Ilustrasi menggunakan sepeda statis di tempat gym.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com