Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpaduan Jahe Merah dan Blood Orange untuk Perawatan Kulit Pria

Kompas.com - 27/03/2024, 10:10 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Produk perawatan kulit saat ini tak hanya digunakan oleh kaum hawa. Di jaman yang semakin berkembang, tren perawatan pria juga mengalami evolusi signifikan. 

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan keberlanjutan, pria tidak lagi malu menggunakan berbagai produk perawatan untuk membuatnya tampil lebih bersih, rapi, wangi, dan ganteng.

Namun umumnya pria lebih suka menggunakan produk yang lebih macho dan tidak terkesan terlalu feminin. Banyak juga yang mencari produk perawatan berbahan alami yang ramah lingkungan dan efektif. Karenanya pemilihan bahan perawatan untuk pria pun disesuaikan dengan kebutuhan ini.

Menyambut hal tersebut, Sensatia Botanicals meluncurkan produk baru bagi para pria yang berbahan jahe merah dan blood orange, yakni Red Ginger & Blood Orange Men’s Care Collection.

Menurut Kunti Puspita Sari, Sales & Marketing Manager Sensatia Botanicals, kedua bahan ini dipilih selain karena aromanya juga karena khasiatnya.

Baca juga: Beda dengan Jahe Biasa, Ini 5 Manfaat Jamu Jahe Merah untuk Kesehatan

"Red ginger dan blood orange memiliki aroma segar yang cocok buat cowok. Namun tidak hanya itu, kami juga mempertimbangkan manfaatnya bagi kulit," ujar Kunti saat peluncuran produk tersebut, Kamis (21/3/2024).

Lalu apa khasiat red ginger dan blood orange untuk kulit?

Berbeda dengan jahe yang umum kita pakai, ciri khas jahe merah adalah memiliki kulit rimpang berwarna hijau kemerahan. Jika dibandingkan dengan jahe biasa, rasanya juga lebih pahit dan pedas.

Jahe merah mengandung minyak atsiri atau minyak esensial dan senyawa bioaktif yang cukup beragam seperti, shogaols, paradols dan gingerol.

Senyawa-senyawa tersebut cukup aktif berperan sebagai anti radang, anti kanker, dan anti jamur. Selain itu, jahe juga mengandung zat yang mampu meredakan demam dan nyeri secara alami.

Namun di luar manfaatnya untuk kesehatan, jahe merah ternyata juga baik untuk perawatan kulit.

Manfaat jahe merah untuk kulit

1. Membantu mengatasi jerawat 

Kandungan anti-inflamasi jahe merah ampuh dalam mengatasi jerawat. Jahe dapat membantu jerawat agar kering lebih cepat. Kandungan anti-inflamasi ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka di wajah dan di area sekitar wajah.

2. Meredam kemerahan akibat sinar matahari

Seseorang yang terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan akan mengalami sunburn. Jika hal ini terjadi, kulit akan terasa perih, memerah, dan muncul sensasi rasa terbakar. Nah, jahe dapat membantu mengatasi gejala sunburn agar kulit terasa lebih nyaman.

3. Memperlambat penuaan kulit

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah mengendalikan proses penuaan, hal ini karena jahe bersifat anti oksidatif dan anti inflamasi. Antioksidan membuat wajah tetap terlihat muda, sedangkan difat anti inflamasi mengurangi kerutan pada kulit wajah. Jahe juga dapat membantu meremajakan kulit. 

4. Melembapkan kulit 

Kulit kering akan membuat seseorang lebih rentan mengalami iritasi. Selain itu, kulit menjadi gatal dan juga menjadi lebih sensitif. Jahe dapat mengembalikan kelembapan alami kulit. 

5. Mengontrol minyak pada wajah

Jahe merupakan bahan alami yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Minyak berlebih yang diproduksi wajah merupakan salah satu faktor penyebab munculnya jerawat berlebihan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com