Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2024, 14:08 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Apakah kamu pernah mendengar tentang alpha, beta, atau bahkan omega dalam konteks sosial?

Ternyata, ada satu lagi jenis yang mungkin belum begitu populer, namun menarik perhatian banyak orang: sigma male.

Dalam dinamika sosial yang kompleks, konsep ini menjadi topik pembicaraan yang menarik, mendorong orang untuk mencari tahu apa sebenarnya itu dan apa dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, apa itu sigma male?

Sigma male merupakan istilah yang muncul dalam dunia psikologi populer, terutama dalam konteks karakteristik kepribadian manusia.

Dalam gambaran yang umum, sigma male adalah individu pria yang independen, introspektif, dan memiliki kecenderungan untuk menyendiri.

Mereka seperti lone wolf, tidak punya kawanan, tidak terikat pada hierarki sosial lainnya, dan lebih memilih jalannya sendiri.

“Seorang sigma male merupakan pola dasar yang mewakili kemandirian, dan preferensi untuk beraktivitas di luar hirarki sosial pada umumnya,” kata Steffo Shambo, seorang pakar hubungan di Tantric Academy.

“Tidak seperti alpha, yang berkembang dengan mendominasi secara sosial, sigma unggul dalam hal otonomi, menciptakan jalan mereka sendiri tanpa perlu tangga sosial untuk didaki,” lanjut Steffo.

Istilah “sigma male” pertama kali muncul di kancah sosial melalui blogger alt-right Theodore Beale, yang dikenal dengan nama pena Vox Day. Dia pertama kali menggunakan istilah ini di blognya pada Januari 2010, dan meringkas setiap pola dasar laki-laki menurut alfabet Yunani.

Baca juga: Mengungkap Kepribadian Seseorang Melalui Cara Berjalan

Ciri kepribadian dari sigma male

1. Misterius

Sigma male biasanya sulit untuk dibaca dan dipahami. Mereka mahir dalam menciptakan rasa penasaran dan misteri yang mungkin dianggap memikat oleh orang lain, yang sebagian besar disebabkan oleh ketenangan mereka.

2. Percaya diri

Sigma male sangat percaya diri, tetapi mereka tidak berkoar-koar tentang hal itu. Mereka tidak mencari pengakuan dari orang lain dan mengambil keputusan dari dalam diri mereka sendiri.

3. Pemberontak

Sigma tidak takut untuk berdiri teguh dan sendirian dalam banyak keputusan mereka, bahkan ketika orang lain tidak setuju. Dengan kata lain, mereka melakukan apa yang mereka inginkan dan menjauh dari norma dan ekspektasi masyarakat pada umumnya.

4. Independen

Kemandirian adalah mantra bagi seorang sigma male. Mereka mampu berdiri sendiri dan mengambil keputusan tanpa tergantung pada orang lain. Dengan memegang kendali atas hidup mereka sendiri, sigma menemukan kepuasan dalam kebebasan dan tanggung jawab penuh terhadap diri mereka sendiri.

5. Sangat introvert

Meskipun mereka memiliki karisma dan kepercayaan diri yang kuat, sigma adalah individu yang sangat introvert. Mereka lebih memilih waktu sendiri untuk merenungkan ide-ide mereka dan mengejar minat pribadi mereka. Interaksi sosial bukanlah prioritas bagi mereka, dan mereka lebih memilih untuk berkembang dalam kedamaian dan ketenangan.

Baca juga: Bukan Pendiam, Ini 8 Ciri-ciri Introvert

Zodiak yang berpotensi menjadi sigma male

1. Capricorn

Menurut The Minds Journal, pria Capricorn dikenal dengan kepribadiannya yang pendiam dan tertutup. Sama seperti sigma, “Pria Capricorn tidak suka menunjukkan dominasinya terhadap orang lain, dan mereka juga tidak ingin orang lain mengikuti jejak mereka.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com