Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2017, 17:29 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Makin banyak orang yang memilih menghindari makanan mengandung gluten setelah selebriti seperti Gwyneth Paltrow, Miley Cyrus, dan Victoria Beckham mempopulerkan pola makan ini. Padahal, tak semua orang perlu menghindari gluten.

Gluten ialah sejenis protein pada tepung dan juga sereal. Pada orang yang terkena penyakit celiac, gluten memang dapat menyebabkan peradangan pada usus. Gejalanya antara lain perut kembung, diare, sakit perut, dan gangguan pada kulit.

Penyakit celiac terjadi karena gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga usus kecil tak bisa mengubah protein gluten dan nutrien tertentu. Diperkirakan 1 dari 100 orang menderita penyakit celiac.

Diet bebas gluten saat ini dianggap sebagai pola makan yang sehat. Produk-produk bebas gluten pun membanjiri pasaran, mulai dari roti, cake, tepung, sampai es krim pun kini memiliki label bebas gluten.

Sejatinya tak semua orang perlu menghindari gluten. Bahkan, makanan bebas gluten tak selalu sehat, mengandung kalori tinggi, dan tidak diperkaya vitamin dan mineral.

Hingga saat ini pun tak ada larangan konsumsi gluten pada orang yang sehat atau tak memiliki alergi gluten.

Beberapa penelitian terkini juga mengungkapkan bahaya sembarangan melakukan diet gluten. Misalnya saja tepung beras yang dipakai sebagai pengganti gandum ternyata mengandung kadar arsenik yang tinggi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah risiko penyakit diabetes tipe dua. Ini berarti, makin sedikit gluten dalam pola makan kita makin besar risikonya menderita diabetes.

Diabetes melitus adalah penyakit yang serius dan diderita lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia dan angkanya terus meningkat setiap tahun.

Mengingat efek sampingnya yang tidak ringan, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali pilihan makanan Anda. Bila Anda tidak mengidap penyakit celiac sebaiknya tidak perlu ikut-ikutan menjalankan diet ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com