Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2017, 16:31 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

 

KOMPAS.com – Menari tidak hanya sekedar pemenuhan hobi belaka. Sebab, ternyata menari kaya manfaat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Aging Neuroscience, mengatakan bahwa menari memberikan manfaat yang baik untuk otak, dan membuat mental lebih stabil.

Usia yang terus menyebabkan terjadinya pengurangan tenaga sehingga gerakan pun melambat dan mudah lupa. 

Nah, penuaan ini bisa Anda hambat dengan aktif menari. Sebab, menurut penelitian ini, menari merupakan salah satu cara meningkatkan fungsi kognitif.

Penelitian tersebut dilakukan pada responden berusia lanjut usia. Peneliti pun kemudian membagi responden dalam kelompok-kelompok.

Seluruh kelompok diminta untuk berjalan, mengonsumsi nutrisi yang tepat, peregangan dan menari selama enam bulan.

Hasilnya, studi menunjukkan bahwa menari dapat menggabungkan keterlibatan antara fisik, kognitif, sosial, dan membantu mempertahankan kesehatan.

“Kegiatan yang melibatkan bergerak dan bersosialisasi dapat memberikan manfaat untuk otak Anda,” kata Agnieszka Burzynska, penulis utama penelitian dan seorang profesor perkembangan manusia dan ilmu saraf di Colorado State University, Fort Collins,

Studi lain, yang dipimpin oleh Albert Einstein College of Medicine di New York, dalam New England Journal of Medicine, menemukan bahwa menari juga dapat memperlambat penuaan, dan meningkatkan kecerdasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com