Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2017, 11:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com -- Berenang sering kali disebut sebagai salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Sebab, selain melatih banyak otot yang tidak biasa digunakan, berenang juga memaksa jantung dan paru-paru Anda untuk bekerja lebih keras dalam mengedarkan oksigen.

Namun, ternyata masing-masing gaya membakar jumlah kalori yang berbeda karena mekanismenya yang berbeda-beda juga. Berikut uraiannya:

1. Gaya bebas

Di antara gaya lainnya, gaya bebas adalah yang paling cepat dan efisien. Bila dilakukan dengan tepat, Anda akan dengan mudah membakar 704 kalori dalam waktu satu jam.

Selain itu, karena Anda bergerak dengan tubuh yang miring dan memotong air, gaya bebas juga lebih ringan untuk dilakukan dibandingkan gaya lainnya.

2. Gaya katak

Gaya yang pertama kali diajarkan ini ternyata tidak kalah banyak membakar kalori dibandingkan gaya bebas.

Dalam satu jam, Anda yang berberat badan 70 kilogram akan membakar 704 kalori walaupun gerakannya lebih lambat bila dibandingkan dengan gaya lainnya. Hal ini karena gaya katak memaksa Anda untuk menerjang air dengan menggunakan kekuatan lengan dan kaki.

3. Gaya punggung

Sekilas, gaya punggung mungkin terlihat mudah karena Anda hanya perlu telentang dan mengapung di air. Namun, gaya ini ternyata membutuhkan lebih banyak kekuatan otot perut dan bahu untuk bergerak.

Dalam waktu satu jam, Anda yang berberat badan 70 kilogram akan membakar 493 kalori. Angka ini memang kelihatan lebih kecil dari gaya lainnya. Namun, Anda juga bisa bertahan dan berenang lebih lama dengan gaya ini daripada gaya lainnya.

4. Gaya kupu-kupu

Inilah pemenangnya. Dalam waktu satu jam, Anda yang berberat badan 70 kilogram akan membakar 774 kalori jika berenang dengan gaya kupu-kupu.

Hal ini karena gaya tersebut adalah yang paling berat untuk dilakukan. Selain harus bertubuh lentur, Anda juga harus memiliki kekuatan lengan yang cukup untuk mendayung maju dan menghirup udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com