Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2017, 20:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com- Menurut standar kecantikan tak tertulis, bulu ketiak pada seorang perempuan seharusnya tercukur bersih. Namun, kini semakin banyak perempuan yang merasa tak masalah bila bulu ketiak memanjang.

Beberapa survei menunjukkan, terjadi peningkatan perempuan yang menolak mencukur bulu ketiaknya dan ingin merayakan kehadiran bulu-bulu di tubuhnya, terutama di bawah ketiaknya.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh perusahaan riset Mintel yang berbasis di Inggris. Diikuti oleh 2000 pengguna internet berusia 16 ke atas, terungkap bahwa 77 persen perempuan usia 16-24 tahun mencukur bulu ketiaknya di tahun 2016.

Prosentase tersebut turun dari 84 persen di tahun 2014. ini berarti sekitar satu dari empat wanita dalam survei itu memandang tak perlu mencukur ketiaknya secara rutin.

Data survei itu juga menunjukkan, 83 persen wanita yang masuk dalam generasi milenial itu menganggap terlalu banyak tekananan pada perempuan untuk menghilangkan bulu di tubuhnya.

Walau hasil survei itu tidak bisa mencerminkan populasi umum, tetapi harus diakui semakin banyak perempuan yang tidak peduli lagi pada panjang atau mulusnya ketiaknya.

Selebriti seperti Paris Jackson dan Bella Thorne juga bangga menunjukkan ketiaknya yang ditumbuhi rambut-rambut. Di media sosial seperti Instagram atau Twitter juga muncul tren baru berupa wanita yang tak malu memperlihatkan bulu ketiaknya.

Sebagian wanita tersebut menganggap memanjangkan bulu ketiak sebagai simbol perlawanan akan konsep kecantikan yang dibentuk oleh media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com