Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2017, 19:29 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber menshealth

Setiap perempuan pasti suka dipuji. Tapi kata-kata yang digunakan untuk memuji ternyata mempengaruhi apakah ia sekedar suka atau sampai terpesona.

Menurut study yang dipublikasikan di Scientific Reports, penggunaan kiasan atau metafora saat memuji perempuan membuat seorang pria lebih diminati. Bahasa kiasan yang biasa kita sebut “ngegombal” ternyata bisa membuat hati perempuan melambung.

Peneliti dari University of Electronic Science and Technology di China mewawancarai 116 mahasiswi mengenai kata-kata apa yang disukai saat seorang pria memuji mereka. Para mahasiswi itu dimintai menilai seberapa menarik 140 pria dalam foto yang disertai kalimat pujian terhadap perempuan.

Masing-masing foto dilengkapi pujian dengan kalimat kiasan maupun kalimat langsung soal kecantikan perempuan. Pria yang menggunakan bahasa kiasan ternyata dianggap lebih menarik dibanding mereka yang menggunakan bahasa langsung. Kalimat seperti “matamu seindah pelangi” lebih disukai ketimbang “kamu memiliki bibir yang indah” misalnya.

Mengapa kalimat kiasan lebih disukai? Para peneliti yakin penggunaan kiasan menunjukkan tingkat kecerdasan dan kreativitas seseorang, sesuatu yang juga dipilih para perempuan. “Kita dengan cepat mendapat kesan terhadap seseorang melalui bahasa yang digunakannya. Bahasa yang dianggap kreatif atau cerdas membuat perempuan lebih tertarik,” ujar pimpinan peneliti.

Meski begitu, disarankan untuk tidak berlebihan menggunakan bahasa kiasan, karena justru akan membuat kita terdengar aneh. Ingat, kita bicara dengan manusia, bukan sedang menulis puisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com