Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2017, 20:25 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Simpang Susun Semanggi rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus mendatang. Simpang susun yang terlihat unik jika dilihat dari ketinggian pun rupanya menjadi sumber inspirasi beberapa seniman batik.

Kabarnya, akan ada batik bermotif Simpang Susun Semanggi. Hal tersebut dikatakan Happy Djarot Saiful Hidayat saat hadir mengisi acara Gramedia Women's Festival di Jakarta, Jumat (21/7/2017).

"Nanti waktu Simpang Susun Semanggi diresmikan, disitu ada yang menjual batik bermotif Simpang Susun Semanggi," kata istri Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Baca juga: Batik Bhinneka Tunggal Ika untuk Menjaga Persatuan

Happy mengatakan, batik bermotif Simpang Susun Semanggi tersebut merupakan 100 persen karya anak bangsa. Namun demikian, Happy tidak menyebutkan nama desainer batik tersebut.

"Batik motif Simpang Susun Semanggi karya anak bangsa, 100 persen buatan dalam negeri," tutur Happy.

Dengan hadirnya batik dengan motif Simpang Susun Semanggi, Happy berharap budaya atau identitas betawi yang merupakan penduduk asli Jakarta dikenal semakin luas melalui batik.

Baca juga: Nasionalisme Bukan Sekedar Pakai Batik

"Supaya budaya Betawi ini dikenal semakin luas melalui batik," tambahnya.

Bagi para pecinta batik, sebaiknya Anda bersiap untuk menambah koleksi batik Anda. Dengan  memilikinya, mengisyaratkan kalau Anda adalah orang yang cinta akan produk dan budaya dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com