Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2017, 07:12 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Garis halus dan keriput di wajah bisa muncul seiring bertambahnya usia. Meski ini merupakan bagian alami dari proses penuaan, tak dapat dipungkiri bahwa keriput bisa sangat mengganggu penampilan.

Tapi tenang, akan selalu lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang untuk mencegah timbulnya keriput di wajah.

1. Terapkan perawatan kulit paling dasar

Jika Anda benar-benar ingin memiliki kulit sehat dan senantiasa terlihat awet muda, mulailah dengan menerapkan 4 kunci penting perawatan kulit berikut ini.

  •     Menghindari paparan sinar matahari langsung. Apabila diharuskan untuk pergi ke luar rumah, pakailah pakaian yang bisa melindungi diri Anda dari sinar matahari, misalnya baju dan celana panjang.
  •     Pakai tabir surya SPF 30 atau lebih
  •     Selalu gunakan pelembab untuk menghindari kulit kering.
  •     Jangan merokok

Baca juga : 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

2. Tidur telentang

Posisi tidur nyatanya memegang peran penting sebagai salah satu cara untuk menghilangkan keriput di wajah. Tidur tengkurap atau menyamping akan membuat kulit wajah rentan bergesekan dengan sarung bantal atau kasur, sehingga akan meninggalkan bekas “garis tidur” yang terukir jelas di lapisan kulit teratas. Garis tidur ini tidak bisa hilang dengan cepat ketika bangun.

Oleh karena itu, posisi tidur terbaik untuk kecantikan kulit wajah adalah berbaring telentang. Posisi ini akan membuat lapisan atas kulit dalam keadaan rileks karena tidak mendapatkan tekanan dalam jangka waktu lama.

Baca juga : 5 Cara Agar Bangun Tidur dengan Kondisi Segar

3. Konsumsi salmon

Salmon (dan beberapa jenis ikan air dingin lainnya) adalah sumber protein dan asam omega-3 terbaik, yang berfungsi untuk meregenerasi sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Para ahli mengatakan bahwa kandungan asam lemak esensial dalam salmon merupakan nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan kulit, yang bisa membantu mengurangi garis-garis halus penyebab keriput di wajah. Tak heran jika rutin makan salmon bisa membuat kulit tetap kencang dan awet muda.

4. Menggunakan kedelai untuk perawatan kulit

Kedelai dapat memperbaiki penampilan kulit sekaligus melindunginya. Penelitian menunjukkan kedelai yang dioleskan ke kulit atau dikonsumsi sebagai suplemen obat dapat membantu melindungi atau bahkan menyembuhkan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Baca juga : Berhenti Merokok Bikin Kulit Wajah Pria Lebih Segar

5. Minum cokelat hangat

Cobalah minuman anti keriput yang lezat ini. Satu penelitian menunjukkan bahwa kakao mengandung dua antioksidan (epicatechin dan catechin) yang memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke sel kulit, menjaga kelembapan, dan membuat kulit terlihat dan terasa lebih halus. Tertarik mencoba?

6. Hindari memicingkan mata dengan memakai kacamata

Halaman:
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com