Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2018, 09:36 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Selain sebagai penunjang penampilan, ternyata warna rambut perempuan memiliki makna khusus bagi pria.  Baru-baru ini, psikolog dari Universitas Augsburg di Minnesota melakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana warna rambut perempuan dapat memengaruhi cara mereka dilihat oleh pria.

Penelitian yang melibatkan 110 pria ini menyajikan gambar perempuan berambut pirang, cokelat dan hitam. 

Studi tersebut menemukan bahwa mayoritas pria melihat perempuan dengan rambut berwarna terang lebih muda dan menarik dibandingkan perempuan dengan rambut lebih gelap.

Selanjutnya, perempuan dengan rambut pirang atau cokelat lebih terang biasanya dianggap berpotensi menjadi pasangan romantis dan orangtua daripada mereka yang berambut hitam.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pria dapat membuat penilaian yang kompleks tentang perempuan mengenai hubungan yang diinginkan dan potensi pengasuhan sebagai orangtua, berdasarkan karakteristik yang dapat dilihat seperti warna dan panjang rambut.

Di negara-negara Barat yang warna rambut wanitnya beragam, topik semacam ini memang sudah diminati sejak dulu, bahkan melibatkan salah satu ilmuwan dunia, Charles Darwin. 

Pada tahun 1869, Darwin menerima surat dari Dr John Beddoe setelah meminta data dari dokter mengenai pasien perempuannya.

Beddoe mencatat pasien perempuannya yang berambut gelap dan terang yang telah menikah untuk membantu Darwin mengeksplorasi sebuah teori bahwa perempuan dengan rambut pirang cenderung tetap lajang, tulis The Telegraph.

Pada akhirnya, Darwin menyerahkan penyelidikan setelah mendapat hasil yang tidak meyakinkan.

Di sudut surat terakhir yang diterima oleh ilmuwan terkenal dari Beddoe, Darwin menulis, “Saya harus melepaskan seluruh kasus ini.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com