Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampilan Modis Istri Kim Jong Un Saat Berkunjung ke China

Kompas.com - 29/03/2018, 06:37 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com — Penampilan ibu negara Korea Utara, Ri Sol-ju, mendapat banyak pujian karena dianggap modis selama mendampingi suaminya, Presiden Kim Jong Un, dalam lawatannya ke China.

Sensor warganet China dengan cepat berlanjut ke diskusi tentang penampilan dan gaun yang dikenakannya.

Laman South China Moning Post melaporkan bahwa Ri Sol-ju tertangkap kamera televisi pemerintah, setidaknya, mengenakan tiga pakaian berbeda selama dua hari mereka berada di Beijing.

William Tang Tat-chi, perancang busana dari Hong Kong, mengatakan bahwa gaya istri Kim Jong Un tersebut "halus", tetapi tidak konservatif.

Selama ini, Ri Sol-ju tidak pernah tampil dalam kunjungan diplomatik. Kunjungan ke Beijing ini adalah penampilan publik perdananya mengingat selama ini ia lebih sering terlihat dalam acara domestik.

Kunjungan ke China adalah perjalanan luar negeri pertama oleh Kim Jong Un dan sang istri sejak pemimpin Korea Utara ini berkuasa pada 2011. Kunjungan ini dilakukan menjelang pertemuan puncak dengan Presiden AS Donald Trump.

“Ri Sol-ju memang cantik dan ramah. Saya dapat mengatakan bahwa dia akan pandai dalam berdiplomasi sebagai first lady, lebih baik daripada adik Kim," komentar seorang pengguna internet di Weibo, media sosial yang setara dengan Twitter di China.

Kim Yo-Jong, adik perempuan Kim Jong-Un, baru-baru ini mewakili Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan dan ada spekulasi bahwa dia adalah tamu misterius ke Beijing sebelum kehadiran kakaknya dikonfirmasi.

Bahkan, ada juga yang berkomentar bahwa penampilan istri Kim Jong Un ini lebih berkarakter dan tampak lebih cantik daripada Peng Li Yuan, istri pemimpin China, meskipun Peng berpakaian lebih modis.

Sayangnya, sensor yang ketat langsung menghapus semua percakapan mengenai kedua ibu negara itu dari internet.

Pengguna media sosial tersebut juga ada yang mengatakan bahwa istri pemimpin Korea Utara ini secantik Song Hye-kyo, aktris Korea Selatan yang sangat dikenal hampir di seluruh dunia.

Ri tetap sosok yang misterius dan hanya sedikit informasi tentang dirinya yang diketahui publik. Kim mengumumkan pernikahan mereka pada 2012 dan beberapa analis percaya, Ri lahir pada September 1989.

Ini berarti istri Kim Jong Un saat ini berusia 28 tahun. Pasangan ini diyakini memiliki tiga anak.

Dalam upacara penyambutan, Ri mengenakan jaket crop warna krem dengan rok selutut bewarna senada dan sepatu court yang serasi.

Dia juga mengenakan kalung, anting-anting, dan bros berbentuk kupu-kupu berwarna pink dan emas. Sementara itu, Peng Li Yuan mengenakan setelan gaun putih dengan hiasan berbentuk pola tinta hitam.

Selama berkunjung ke Chinese Academy of Sciences, Ri mengenakan jaket putih dan gaun hijau apel dengan bros pita berbentuk bunga berwarna coklat dan tas tangan warna kulit.

Saat makan siang dengan Xi dan Peng di The Diaoyutai State Guesthouse, tempat Kim Jong Un dan istri menginap, Ri mengganti pakaiannya dengan gaun bewarna gading dengan hiasan bunga di kerah dan lengan baju berhias rumbai.

Sementara itu, Kim Jong Un sendiri tetap setia dengan gaya rambut buzz cut dan setelan jas bewarna gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com