Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur Wajah yang Diperhatikan Orang Saat Pertama Bertemu

Kompas.com - 01/07/2018, 13:54 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber 360nobs

KOMPAS.com - Kesan pertama bisa menentukan banyak hal. Oleh karena itu, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan kesan pertama yang baik.

Fitur wajah dan penampilan keseluruhan kita akan menjadi kunci bagaimana orang menilai kita.

Menurut para psikolog, saat-saat pertama bertemu orang baru, kita cenderung melihat empat fitur wajah sebagai kunci utama.

Memang pepatah mengatakan agar kita tak menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja. Sayangnya, kita tak bisa benar-benar menerapkannya.

Kesan pertama adalah hal yang penting dan cenderung melekat pada kepribadian seseorang, terutama jika yang dikesankan adalah hal-hal yang kurang menarik.

Umumnya orang menilai hanya dalam satu detik apakah seseorang bisa dipercaya atau tidak, maka waktu sekecil apapun itu bisa berdampak.

Terlepas dari semua ini, manusia tidak bisa secara akurat membuat penilaian awal yang cepat tentang orang lain.

Menurut Psikolog Leslie Zebrwowitz dari Brandeis University, Amerika, manusia cenderung menilai seseorang dengan membaca empat isyarat wajah.

Hal tersebut ia ungkapkan berdasarkan riset yang diterbitkan dalam Current Direction in Psychological Science pada bulan Juni 2017.

Baca juga: 2 Hal Penting untuk Menciptakan Kesan Pertama yang Memesona

Menurutnya, keempat fitur ini merupakan hal pertama yang diperhatikan orang.

Yang pertama adalah emosi. Manusia cukup pandai dalam membaca ekspresi emosi di wajah. Jadi, emosi seseorang bisa tampak dari ekspresi wajahnya.

Misalnya, salah satu alis yang rendah sering diartikan amarah seseorang. Mulut yang terangkat membuat seseorang tampak bahagia. Walau semua itu terlepas dari apa yang mereka rasakan.

Yang kedua adalah kemiripan dengan bayi. Mereka yang memiliki wajah baby face atau wajah yang awet muda biasanya memiliki mata besar, dagu pendek, wajah bulat dan dahi besar.

Orang dengan fitur wajah tersebut akan dengan mudah diperlakukan lebih baik, layaknya anak-anak atau orang muda.

Yang ketiga adalah wajah yang familiar. Kita seringkali merasa lebih nyaman dengan orang yang kita kenal. Nah saat bertemu dengan orang yang wajahnya familiar, orang akan cenderung lebih mudah dekat. 

Yang keempat, kesehatan dan kebugaran. Pemilik wajah yang terlihat sehat dan bugar biasanya dianggap sebagai orang yang menyenangkan, cerdas dan cakap.

Dengan berusaha menampilkan ekspresi yang baik, kita bisa meningkatkan peluang kesuksesan kesan pertama.

Tapi, jika kita masih ragu, cukuplah dengan tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 360nobs
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com