Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hal Penting untuk Menciptakan Kesan Pertama yang Memesona

Kompas.com - 31/12/2017, 20:12 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa kesan pertama kerap menjadi penentu. Oleh karena itu, banyak yang berpendapat bahwa cara berpakaian dan senyum yang kita berikan saat pertama kali membangun koneksi akan menjadi penentu.

Namun ternyata, ada yang lebih penting dari semua itu. Menurut Amy Cuddy, seorang profesor Harvard Business School yang telah meneliti kesan pertama selama lebih dari 15 tahun, ada 2 faktor penentu yang menjadi penilaian seseorang saat bertemu dengan orang baru.

Faktor tersebut berupa rasa percaya dan penghormatan yang diukur melalui pertanyaan seperti berikut: Dapatkah saya mempercayai orang ini? Dan bisakah saya menghormati orang ini?

Dua pertanyaan tersebut kerap menjadi pertanyaan besar dalam benak setiap orang saat pertama kali bertemu orang baru, entah secara sadar atau tidak.

Menurut Amy Cuddy, kedua pertanyaan tersebut membantu kita untuk mengukur keramahan dan kompetensi seseorang.

"Anda harus terus mendapatkan kepercayaan teman sebaya untuk memenangkan rasa hormat mereka, bahkan di tempat kerja," ucapnya.

Amy Cuddy juga mengatakan jika saat pertama kali membangun koneksi dengan seseorang dan orang tersebut tidak mempercayai kita, koneksi tersebut tidak akan bisa berjalan lebih jauh.

Bahkan, kemungkinan besar kita juga menaruh rasa curiga kepadanya karna menganggap orang tersebut bersikap manipulatif.

"Orang yang ramah dan dapat dipercaya juga bisa menciptakan kekaguman yang kuat, tapi hal tersebut benar-benar akan terwujud jika Anda percaya bahwa kekuatan yang Anda miliki adalah hadiah dan bukan ancaman," ucapnya.

Tapi, hal tersebut bukanlah satu-satunya cara agar Anda dapat dipercaya oleh orang lain. Penampilan juga menjadi hal yang penting.

Riset tahun 2017 oleh psikolog Lelie Zebrowitz dari Brandeis University menemukan bahwa terdapat 4 isyarat yang digunakan seseorang saat menilai penampilan kita, yaitu penampilan yang baby face, wajah yang ramah, bugar dan kemiripan emosional.

Baca :6 Bahasa Tubuh yang Mendatangkan Kebaikan Hidup

Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan semua faktor tersebut, Anda bisa memperbaiki "kemiripan emosional Anda" dengan menggunakan bahasa tubuh yang dapat membangun kepercayaan secara alami.

Jadi, bila Anda bertemu seseorang yang baru, fokuskan untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Jangan memengaruhi mereka hanya dengan jabat tangan yang teguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com