Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Semua Harta Setelah Pensiun, Pasangan Ini Kelilingi Dunia Berdua

Kompas.com - 22/01/2019, 18:13 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Suami dan istri asal Seattle, Amerika Serikat, Debbie dan Michael Champbel, memutuskan untuk menjual seluruh harta bendanya, termasuk rumah dan kendaraan untuk melakukan perjalanan keliling dunia bersama.

Tidak ada sedikit pun peninggalan yang mereka miliki di kota asalnya itu.

Dilansir dari BBC, rumah tinggal, mobil, dan kapal mereka jual setelah keduanya memasuki masa pensiun. Hasilnya mereka gunakan untuk melakukan perjalanan ke berbagai dunia.

"Kami hanya penasaran, ada banyak hal di luar sana yang menarik untuk dilihat dan kami belum siap untuk berhenti," kata Debbie.

Masa pensiun pun dijalani Debbie dan Michael dengan cara yang tak biasa. Sejak 2013, mereka menjadi full time traveller dan hidup di mana saja tempat mereka berkunjung.

Setelah enam bulan pertama, mereka memutuskan untuk kembali ke Seattle dan merayakan Natal bersama keluarga di sana. Namun, belum sampat merayakan tahun baru, mereka kembali lagi memulai perjalanannya.

Negara demi negara mereka jejaki. Selama lima tahun sudah pasangan pensiunan ini berkeliling dunia. Tak kurang dari 80 negara sudah mereka datangi.

Baca juga: Sudan Bergejolak, Tim Keliling Dunia Happy Go Lucky Ubah Rencana

Untuk urusan rumah untuk bermalam dan istirahat, mereka biasa menggunakan tempat yang disewa melalui aplikasi Airbnb. Rata-rata sebanyak 90 dollar AS mereka keluarkan per malam untuk menyewa rumah.

"Definisi kami tentang rumah sekarang adalah di mana pun kami berada, di manapun kami terlelap. Kami sudah menikah 40 tahun dan kami menikmati perjalanan bersama ini,” kata Debbie.

Menurut mereka, semua ini bisa terjadi karena adanya kesamaan cara berpikir.

"Menurut saya, kunci kami menjalani pernikahan dan perjalanan bersama ini adalah mendayung perahu ke arah yang sama. Kami punya rencana dan kami sudah menyetujui rencana tersebut," kata Michael.

"Debbie memiliki dayungnya sendiri, begitu pula saya. Sungguh ini seperti tim olahraga," tuturnya.

Butuh perencanaan, estimasi, biaya, dan kesiapan untuk mewujudkan perjalanan penuh ini menjadi nyata. Debbie mengaku tersanjung ketika kemudian banyak respons baik yang ia terima di blognya.

Pasangan pensiunan yang jual seluruh harta untuk travelingBBC Pasangan pensiunan yang jual seluruh harta untuk traveling

Setiap perjalanan yang ia narasikan dan kisahnya menjalani masa tua bersama sang suami, menginspirasi orang lain untuk bisa melakukan hal yang sama.

"Kami mendapat banyak email dan respons tentang blog kami yang katanya menginspirasi orang lain hingga mereka melakukannya, atau akan melakukan hal yang sama. Mereka pun menanyakan saran padaku, itu luar biasa," ujar Debbie.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com