Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Properti di Film 'Titanic' Terjual dengan Harga Fantastis

Kompas.com - 15/04/2024, 14:14 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Salah satu properti yang paling ikonik dan paling banyak diperdebatkan dalam sejarah sinematik adalah papan kayu.

Panel kayu terapung itu menyelamatkan karakter Kate Winslet dalam film "Titanic", Rose DeWitt Bukater, dari perairan Atlantik Utara yang dingin setelah tenggelamnya kapal samudra tersebut, namun tidak menyelamatkan Jack Dawson yang diperankan Leonardo DiCaprio.

Panel kayu yang dipakai dalam film Titanic tersebut sekarang telah terjual di pelelangan dengan harga lebih dari 700.000 dollar AS atau sekitar Rp 11,2 miliar.

"Sering keliru disebut sebagai pintu, struktur berornamen itu sebenarnya adalah bagian dari kusen pintu yang berada tepat di atas pintu masuk ruang tunggu kelas satu," tulis Heritage Auctions dalam catatan lelang seperti dikutip dari laman CNN.

Baca juga: Menu Makan Malam Penumpang Titanic Dilelang, Berapa Harganya?

Peran penting properti tersebut dalam momen "perpisahan", seperti yang digambarkan oleh rumah lelang, menampilkan Rose yang mengambang di panel berukir bunga sementara Jack, setelah mencoba dan gagal untuk beristirahat di atasnya, menyerah pada hawa dingin.

Saat kapal penyelamat tiba, Rose terpaksa melepaskan tangannya dari cengkeraman Jack yang membeku sambil mengucapkan kalimat terkenal "Aku tidak akan pernah melepaskannya, aku janji," sambil menggertakkan giginya, saat ia berenang ke arah para penyelamat.

Panel kayu balsa berornamen ini sebelumnya pernah dipajang di Planet Hollywood di Orlando, Florida sebelum disimpan dalam arsip mereka selama sekitar dua dekade.

Ilustrasi pintu kapal Film Titanic dilelang dan terjual Rp 11 miliar.HERITAGE AUCTIONS Ilustrasi pintu kapal Film Titanic dilelang dan terjual Rp 11 miliar.

Panel ini dijual bersama dengan sejumlah properti lainnya di lelang "Treasures From Planet Hollywood", yang mencakup barang-barang kenangan yang pernah dipajang di lokasi-lokasi Planet Hollywood di seluruh dunia dan dari arsip mereka.

Baca juga: Mantel Ikonik yang Dipakai Kate Winslet di Film Titanic Bakal Dilelang

Termasuk di antaranya adalah cambuk dari film "Indiana Jones and the Temple of Doom" dan kapak dari film "The Shining".

Dari total hampir 1.600 barang, lelang yang berlangsung selama lima hari ini menghasilkan 15,7 juta dollar AS.

Namun, properti "Titanic" menjadi barang dengan harga tertinggi, jauh melebihi harga perkiraan awal 40.000 dollar AS dan terjual dengan harga total 718.750 dollar AS setelah melalui proses lelang yang sengit.

Beberapa properti "Titanic" lainnya juga dilelang, termasuk gaun malam sifon pastel yang dikenakan Rose dalam film pada malam tenggelamnya kapal, dan roda kemudi kapal, yang masing-masing terjual dengan harga 118.750 dan 200.000 dollar AS.

Baca juga: Selembar Menu Makan Malam dari Titanic Dilelang, Laku Rp 1,5 Miliar

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com