Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Kulit Sehat Perlu Berapa Banyak Memakai Tabir Surya?

Kompas.com - 10/08/2019, 15:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sunscreen merupakan senjata wajib untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, ada banyak hal seputar tabir surya yang tidak kita ketahui, misalnya saja jumlah SPF minimal, formula yang tepat, hingga berapa banyak sunscreen yang dibutuhkan.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), hal pertama yang perlu diketahui adalah berapa banyak sunscreen yang perlu digunakan.

Meskipun kebanyakan orang menyadari bahwa sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap beberapa jam, mengetahui berapa banyak yang akan digunakan sangat penting, terutama karena proses aplikasi bervariasi tergantung jenis formula.

Sebagai aturan umum untuk lotion dan krim, AAD merekomendasikan mengikuti pedoman satu ons krim, atau cukup untuk mengisi shot glass, dan kemudian menyesuaikan dengan ukuran tubuh.

Mungkin ukuran tersebut tampak banyak, namun sunscreen seukuran shot glass cukup untuk menutupi area tubuh yang terbuka dari kepala hingga kaki.

Baca juga: Cermati, Risiko Pakai Tabir Surya Kedaluwarsa

Sementara itu, sunscreen semprot sering dianggap tidak terlalu merepotkan daripada lotion, namun harus tetap berhati-hati untuk mendapatkan keseluruhan SPF.

Jangan asal semprot. Jumlah cakupan yang diperlukan membutuhkan setidaknya enam detik penyemprotan di setiap tempat.

Mereka yang memilih sunscreen semprot juga harus menggosok formula ke dalam kulit setelah penyemprotan, terutama jika sudah berada di luar ruangan, karena metode ini dapat menghasilkan cakupan yang lebih rata.

Sementara untuk sunscreen stik yang biasa digunakan untuk menutupi wajah, perlu dioleskan ke seluruh wajah setidaknya dua kali, termasuk untuk area telinga dan kelopak mata.

Adapun SPF dan sifat-sifat yang harus dicari dalam sunscreen, menurut AAD, setidaknya mengandung 30 SPF atau lebih tinggi dan menawarkan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB.

Tahan air juga merupakan faktor penting jika berencana berenang. Selain itu, sebelum pergi ke luar, pastikan sunscreen belum kedaluwarsa. Sebab, sebagian besar formula bertahan sekitar dua tahun sebelum perlu diganti.

Baca juga: Jangan Terlalu Irit Memakai Tabir Surya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com