Kompas.com - 31/07/2018, 19:37 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah kamu beraktivitas lama di bawah paparan sinar matahari dan kulit tetap terbakar padahal sudah menggunakan tabir surya?

Tak sedikit yang kemudian membeli tabir surya yang lebih mahal dengan kadar SPF lebih tinggi untuk mendapat perlindungan lebih.

Padahal, berdasarkan sebuah studi di Kings College London bukan hanya kadar SPF yang berpengaruh pada perlindungan kulit dari sinar ultraviolet, tapi juga banyak sedikitnya krim yang diaplikasikan.

Jika kulit kita masih saja terbakar, besar kemungkinan jumlah tabir surya yang dipakai kurang.

Ketika pabrik mengkalkulasikan angka perlindungan SPF pada kemasan tabir surya, mereka memakai standar 2mg krim per sentimeter persegi kulit.

Mayoritas orang hanya mengaplikasikan tabir surya sekitar 0,8mg untuk area kulit yang sama. Perlindungan yang didapatkan bahkan tak sampai setengahnya dari yang dijanjikan produk tersebut.

Contohnya, ketika seseorang mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 50. Bisa jadi perlindungan yang didapatkan hanya 40 persennya saja.

Baca juga: Tabir Surya, Kunci Perawatan Kulit yang Efektif

Peneliti Anthony Young yang juga Professor of Experimental Photobiology di KCL, menjelaskan rata-rata wanita yang mengenakan bikini seharusnya mengaplikasikan tabir surya setidaknya tiga kali dalam sehari atau sekitar 100ml lotion selama berada di luar ruang.

Menurutnya, banyak orang menggunakan tabir surya berkadar SPF 20 sebetulnya seperti hanya menggunakan SPF 4 karena mereka tidak mengaplikasikan dalam jumlah cukup.

"Mereka sering kali terlalu overestimate dengan proteksi yang didapatkannya kemudian berjemur terlalu lama dan pada akhirnya kulitnya terbakar," kata Young.

Halaman:
Sumber elle.com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.