Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robert Pattinson Dinobatkan sebagai Pria Tertampan di Dunia

Kompas.com - 05/02/2020, 12:10 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Aktor asal Inggris Robert Pattinson dianggap memiliki wajah paling tampan di dunia. Ini bukanlah opini pribadi beberapa orang, melainkan hasil perhitungan matematis sejumlah peneliti.

Aktor film Twilight berusia 33 tahun itu dinilai memiliki fitur wajah paling akurat berdasarkan Golden Ratio Beauty Phi, sebuah formula kuno yang didesain oleh para ahli matematika Yunani untuk melakukan pengukuran kesempurnaan fisik.

Pattinson berhasil melampaui angka dari pria tertampan dunia lainnya, termasuk Brad Pitt, Idris Elba, hingga David Beckham, dengan nilai total 92.15 persen.

Baca juga: Tampil Keren dengan Celana Pendek dan Setelan Jas Ala Robert Pattinson

Data dikumpulkan oleh ahli bedah plastik Dr. Julian De Silva, yang menggunakan teknologi pemetaan terkomputerisasi untuk menghitung rasio tersebut.

"Robert Pattinson adalah pemenangnya ketika semua elemen wajah diukur untuk kesempurnaan fisik," kata De Silva, yang menjalankan Pusat Bedah Kosmetik Wajah & Plastik di London.

Metode yang sama juga digunakan De Silva untuk menobatkan model Bella Hadid sebagai perempuan tercantik di dunia.

Menurut De Silva, teknik pemetaan komputer ini memungkinkan para ahli bedah wajah untuk memecahkan misteri tentang apa saja yang membuat seseorang dinilai cantik secara fisik dan teknologi ini berguna ketika merencanakan operasi pasien.

Baca juga: Bella Hadid dan Daftar Perempuan Paling Cantik di Dunia

Pencipta sejarah yang paling terkenal, seperti Leonardo da Vinci, Salvador Dalí dan Le Corbusier, menggunakan golden ratio atau rasio emas untuk menyelesaikan beberapa karya agung mereka.

Hari ini, para ilmuwan juga menggunakan persamaan untuk menunjukkan simetri di alam sebagai kerangka kerja untuk kecantikan konvensional.

Dalam hal ketampanan, rasio dihitung dengan membagi panjang wajah seseorang dengan lebarnya. Semakin dekat hasil bagi dengan "phi", yakni 1,618, maka semakin dekat mereka dengan kesempurnaan.

Langkah-langkah yang sama kemudian diterapkan pada fitur wajah masing-masing untuk menentukan proporsionalitas wajah mereka.

Baca juga: Dokter Bedah Plastik: Mata V BTS Mustahil untuk Ditiru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com