Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2020, 20:46 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Antisipasi penyebaran virus corona di tempat umum terus ditingkatkan. Sebagai salah satu tempat berkerumunnya orang, pengelola mal juga meningkatkan kewaspadaannya.

Di Mal AEON BSD City dan AEON Jakarta Garden City misalnya. Langkah preventif dilakukan dengan menginformasikan kepada pengunjung apa yang harus dilakukan jika merasakan gejala Covid-19 atau melihat seseorang yang memiliki gejala.

“Kami mengedukasi pengunjung mengenai cara pencegahan penyebaran virus corona melalui media promo di mal serta media sosial kami,” kata General Manager Facility Headquarter AEON Mal Indonesia, Windy Bharata dalam siaran pers.

Selain itu, mal ini juga menyediakan hand sanitizer di setiap lobby lift untuk digunakan pengunjung sebelum memakai lift.

“Tim kebersihan kami juga ditugaskan melakukan pembersihan ekstra dengan menyeka area yang sering disentuh pelanggan, seperti pagar, sabuk escalator, pegangan pintu, atau meja food court, menggunakan alkohol,” kata Windy.

Menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga kondisi tubuh agar tetap fit merupakan kunci untuk mencegah penularan Covid-19 yang menyebar lewat droplet (percikan kecil air liur) saat seseorang bersin atau batuk ini.

Seperti dikutip dari Harian Kompas (5/3), Sekretaris Jenderal Pengawas Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Husein Habsyi mengingatkan pentingnya mencuci tangan secara rutin.

”Artinya, kalau kita di pusat keramaian dan menyentuh sesuatu, misalnya gagang pintu, meja, kursi, dan sebagainya, kita harus mencuci tangan. Sebab, kita tidak pernah tahu apakah kita secara tidak sengaja telah menyentuh droplet yang tertinggal,” ujar Husein.

Di sisi lain, bagi orang yang sedang mengalami gejala flu atau batuk, ada baiknya untuk mengisolasi diri dari keramaian. Apabila terpaksa harus keluar, dia wajib menggunakan masker agar virus tidak menyebar.

Baca juga: Berapa Lama Virus Corona Bisa Hidup di Permukaan Benda?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com