Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2020, 11:27 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber ABC News

KOMPAS.com – Bagi pekerja yang bekerja di gedung tinggi, lift adalah kebutuhan. Namun, karena penularan virus corona masih membayangi, muncul kekhawatiran jika harus berada di lift bersama banyak orang.

Meski kita harus berada di kotak sempit lift bersama orang lain, tak perlu khawatir berlebihan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari paparan Covid-19, yaitu memakai masker, jaga jarak dengan orang lain, dan usahakan jangan menyentuh apa pun.

Ada dua cara Covid-19 menyebar di dalam lift, yakni dari orang yang naik lift atau pun partikel droplet yang berasal dari orang yang terinfeksi dan menempel di permukaan.

Virus corona dapat bertahan di udara dalam hitungan menit sampai satu jam dan berhari-hari di permukaan yang banyak disentuh orang seperti dinding atau tombol lift.

Baca juga: Sambut New Normal, Lift di Bandara Soetta Gunakan Tombol Kaki

Waktu singkat

Rata-rata kita hanya butuh waktu yang singkat naik lift, sehingga risiko penularan patogen pun menjadi rendah. Virus corona cenderung lebih menular jika kita melakukan kontak dengan orang lain dalam waktu lebih lama.

Para pakar juga menegaskan bahwa risiko penularan langsung dari orang lain di dalam lift relatif rendah selama kita menerapkan protokol kesehatan standar.

Penelitian di Korea Selatan mengenai penyebaran virus juga mengungkap bahwa lift bukan tempat paling berbahaya di dalam gedung yang sibuk. Risiko terbesar justru terjadi antar pekerja yang berada di ruangan kerja yang sama.

“Risiko penularan dari naik lift memang rendah, tapi tetaplah melakukan tindakan pencegahan. Selalu gunakan masker atau pelindung wajah,” saran pakar penyakit menular Dr.Simone Wildes.

Baca juga: Berapa Lama Virus Corona Bisa Hidup di Permukaan Benda?

Penelitian baru-baru ini juga membuktikan pentingnya pemakaian masker di masa pandemi. Jika separuh atau lebih populasi menggunakan masker, angka penularan virus akan turun drastis.

Tips lain untuk mengurangi risiko penularan adalah menghindari lift yang penuh, berdiri di sudut berlawanan dengan orang lain, serta jika memungkinkan gunakan tangga sebagai alternatif.

Jangan lupa untuk mematuhi etika di lift, yaitu menutup mulut ketika batuk, bersin, atau pun tidak berbicara dengan suara keras karena hal ini akan membuat droplet lebih banyak keluar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ABC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com