Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2020, 16:35 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Heru dengan bangga mengunggah foto dirinya di Instagram. Bersama sepedanya, ia menunjukkan pemandangan sawah di dekat tempat tinggalnya.

Tapi foto tersebut memiliki maksud lain, pria yang dulunya berperut buncit itu ingin memamerkan perutnya yang kini lebih langsing.

Ya, ketika digunakan dengan baik, sepeda rupanya bisa menjadi alat untuk menurunkan berat badan, entah itu untuk urusan penampilan atau ingin menjalani pola hidup sehat.

Kebanyakan orang memang ingin mencapai target penurunan berat badannya dengan cepat. Namun ada baiknya kita mempertimbangkan kesehatan, karena menurunkan berat badan dengan drastis ditakutkan akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Nah, bersepeda bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Jadi selain mendapatkan berat badan yang ideal, kita juga mendapatkan bonus berupa tubuh yang bugar.

Kenapa bersepeda?

Jadi, mengapa memilih untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda daripada menggunakan cara lain, seperti berlari misalnya?

Berlari memang dikenal efektif membakar kalori, tetapi olahraga ini termasuk high impact dan tidak semua orang mampu melakukannya.

Terutama jika kamu tinggal di kota yang tidak ramah pejalan kaki, sehingga track yang dilalui akan berdampak pada kaki, pergelangan kaki, betis, lutut, dan seterusnya.

Lari juga bisa menjadi kegiatan yang sulit untuk dimulai jika kamu memiliki cedera sebelumnya, selain risiko cedera lanjutan juga akan mengintai.
 
Bersepeda, di sisi lain, adalah aktivitas low impact yang tidak membuat tubuh terguncang dibanding berlari. Bersepeda bisa kamu lakukan hampir di mana saja, dan menyenangkan.

Bersepeda juga tak hanya soal kaki, tetapi termasuk latihan kardiovaskular yang membakar banyak kalori.

Nah, penurunan berat badan bisa terjadi jika kita membakar lebih banyak kalori daripada kalori dari makanan yang kita konsumsi.

Plus, saat kita memperkuat otot-otot dengan bersepeda, kita meningkatkan asupan oksigen. Ketika oksigen mengalir melalui tubuh pada tingkat yang lebih cepat, metabolisme juga akan meningkat. Hal ini membantu berat badan lebih cepat turun.

Baca juga: Ingin Bersepeda? Ketahui Manfaatnya untuk Tubuh

Apa yang harus dilakukan untuk mulai bersepeda?

1. Buat rencana, bukan tujuan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com