Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Kata-kata Motivasi untuk Mengatasi Insecure agar Kamu Makin Pede

Kompas.com - 16/08/2022, 08:37 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Inc.

KOMPAS.com - Kamu bisa membangkitkan kepercayaan diri dari rasa insecure dengan memaknai kata-kata motivasi.

Ya, insecure memang harus ditaklukkan karena keraguan dengan diri sendiri menghambat kamu menuju jalan kesuksesan, baik dalam studi maupun karier.

Di sisi lain insecure juga membuatmu tidak yakin, tidak aman, cemas, dan kerap membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Baca juga: 35 Kumpulan Kata-kata Motivasi Hidup untuk Lebih Semangat dan Sukses

Pada akhirnya kamu tidak berkembang dan tidak berani mengambil risiko meski kamu punya kemampuan untuk melakukannya.

Kata-kata motivasi untuk mengatasi insecure

Meski insecure dapat dialami oleh siapa saja, untungnya rasa kepercayaan diri bisa dibangkitkan dengan membaca kata-kata motivasi berikut ini. Yuk, simak!

Baca juga: 20 Kata-kata Motivasi di Hari Senin agar Hidup Lebih Bermakna

  • Menjadi dirimu sendiri di dunia yang senantiasa berusaha menjadikan kamu "sesuatu" yang lain adalah pencapaian terbesar (Ralph Waldo Emerson).
  • Terlepas dari apa yang kamu rasakan di dalam, berusahalah untuk terlihat seperti pemenang. Bahkan, jika kamu tertinggal, kepercayaan diri secara terus-menerus dapat memberimu kekuatan mental yang menghasilkan kemenangan (Diane Arbus).
  • Kita semua mempunyai keterbatasan, tetapi ketika kita mendengarkan semua kritik, kita akan menambah keterbatasan (Robert Breault).
  • Hidup tidak mudah bagi siapa pun di antara kita. Tapi, bagaimana dengan itu? Kita harus memiliki ketekunan dan di atas segalanya harus mempunyai kepercayaan diri. Kita harus percaya bahwa diri sendiri dikaruniai sesuatu dan berapa pun usahanya, harus dicapai (Marie Curie).
  • Kamu telah mengkritik diri sendiri selama bertahun-tahun dan itu tidak berhasil. Cobalah untuk menerima diri sendiri dan lihat apa yang terjadi (Louise L. Hay).
  • Manusia sering kali menjadi apa yang mereka yakini. Jika aku terus mengatakan pada diri sendiri bahwa aku tidak dapat melakukan hal tertentu, mungkin saja aku benar-benar menjadi tidak mampu. Sebaliknya, jika aku punya keyakinan bahwa aku bisa melakukannya, aku pasti akan mendapatkan kemampuan untuk melakukannya bahkan jika mungkin tidak bisa pada awalnya (Mahatma Gandhi).
  • Keyakinan pada tubuh, pikiran, dan jiwa kitalah yang memungkinkan kita untuk terus mencari petualangan baru.
  • Percayalah pada diri sendiri. Percaya pada kemampuanmu. Tanpa keyakinan yang rendah hati namun yakin kekuatan diri sendiri, kamu tidak akan bisa sukses dan bahagia (Norman Vincent Peale).
  • Kesalahan terbesar yang dapat kamu buat dalam hidup adalah terus-menerus takut  melakukannya (Elbert Hubbard).
  • Ucapan batin, pikiranmu, dapat menyebabkan kamu kaya atau miskin, dicintai atau tidak dicintai, bahagia atau tidak bahagia, menarik atau tidak menarik, kuat atau lemah (Ralph Charell).
  • Dari semua kelemahan kita yang paling buruk adalah membenci keberadaan diri sendiri (Michel de Montaigne).
  • Tugas yang harus kita tetapkan untuk diri sendiri bukanlah untuk merasa aman, tetapi untuk dapat menoleransi insecure (Erich Fromm).
  • Percayalah pada potensimu yang tidak terbatas. Satu-satunya batasan dirimu adalah apa yang kamu tetapkan pada diri sendiri (Roy T. Bennett).
  • Kita dapat belajar untuk merasa baik tentang diri sendiri bukan karena kita istimewa dan di atas rata-rata, tetapi karena kita pada dasarnya adalah manusia yang layak dihormati (Dr. Kristin Neff).
  • Keyakinan bukanlah, "Mereka akan menyukaiku". Keyakinan adalah, "Aku akan baik-baik saja jika mereka tidak menyukaiku" (Christina Grimmie).
  • Walau takut, tapi tetap lakukan. Yang penting adalah tindakannya. Kamu tidak perlu menunggu percaya diri datang. Hanya melakukannya dan akhirnya kepercayaan diri akan mengikuti (Carrie Fisher).
  • Keraguan membunuh lebih banyak mimpi daripada kegagalan (Suzy Kassem).

Baca juga: 7 Kata-kata Motivasi Lucu dalam Bahasa Inggris, Bukan Sok Bijaksana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Inc.
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com